No image available for this title

Text

Chip Seal Sebagai Alternatif Lapis Penutup



Salah satu teknologi yang berpotensi untuk menghemat anggaran adalah dengan teknologi chip seal sebagai lapis penutup perkerasan jalan, Chip seal adalah pemberian suatu lapisan aspal yang diikuti dengan pemberian satu lapisan chiping sebagai lapis penutup pada lapisan pondasi, durabel dan memiliki tahapan gelincir. Tujuan dari studi ini adalah untuk memberikan gambaran kinerja chip seal di Indonesia dan memformulasikan jenis aspal serta metoda apa yang cocok sehubungan dengan jenis aspal yang digunakan. Survai dilakukan dibeberapa propinsi di Indonesia. Pengujian laboratorium dengan menggunakan 4 tipe aspal juga dilakukan. Kesimpulan yang didapat dari studi ini adalah bahwa di Indonesia, chip seal diterapkan diatas lapisan soil cement dengan hasil yang cukup memuaskan. Mikro dan mikro tekstur lapisan chip dilapangan secara umum masih sangat baik walaupun chip tersebut telah terekspos terhadap lalu lintas dan lingkungan selama 4-6 tahun. Dengan metode unprecoated chip, penggunaan aspal keras Pen 60/70 tidak direkomendasikan. Sebagai gantinya dapat digunakan aspal polymer E-55, E60 dan E-70 sedangkan dengan metode precoated chip, aspal pen 60/70 dapat digunakan untuk ukuran 3/8'' untuk temperatur perkerasan sampai dengan 60/70 dan ukuran 1/2'' untuk temperatur perkerasaanya di bawah 50 C. Metode precoated tidak direkomendasikan untuk chip seal yang menggunakan aspal polymer E-55, E-60, E-70. (Rak 3)


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detail

Judul Seri
Prosiding Workshop Optimasi material Lokal dan Teknologi Tepat Guna Untuk Jalan Berlalu Lintas Rendah
No. Panggil
625.7(063)
Penerbit PUSJATAN : Bandung.,
Deskripsi Fisik
157-183p
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-264-050-9
Klasifikasi
625.7(063)
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini