Collection Detail

CAMPURAN BERASPAL PANAS DAUR ULANG DENGAN PROPORSI RAP TINGGI


Subject :

Description :

Kebutuhan bahan jalan untuk pelaksanaan pemeliharaan dan pembangunan jalan baru di seluruh wilayah pada setiap tahunnya terus meningkat. Padahal ketersediaan akan sumber bahan, khususnya agregat standar dari tahun ke tahun ketersediaannya semakin terbatas. Selain itu, aspal juga pada setiap tahunnya selalu harus impor. Pemanfaatan penggunaan bahan sisa dan bahan limbah, yaitu berupa bahan garukan dari perkerasan beraspal yang diperbaiki (Reclaimed Asphalt Pavement, RAP) dapat digunakan sebagai suatu alternatif untuk mengurangi penggunaan aspal baru sehingga dapat mengefisienkan pemakaian produk dari fraksi minyak bumi. Selain itu dapat menghemat penggunaan agregat baru yang keberadaannya makin lama makin berkurang. Teknologi daur ulang ini merupakan green technology karena memanfaatkan limbah dari perkerasan jalan. 
Menyadari pentingnya peran jalan dan keterbatasan pemerintah dalam membiayai penanganan jalan, penurunan ketersediaan agregat standar dan terbatasnya aspal, maka pada buku ilmiah ini menyajikan kinerja teknologi campuran beraspal beraspal panas daur ulang sebagai solusi pada permasalahan tersebut.  
Dengan tersedianya teknologi bahan jalan dari bahan sisa dan bahan limbah tersebut diharapkan juga dapat mengatasi atau dapat mengurangi anggaran biaya untuk pemeliharaan dan pembangunan jalan baru. 


Source :
information not available

Publisher :

Date :
Desember, 2018

Contributor :
Pusjatan

Rights :
information not available

Relation :
information not available

Format :
PDF

Language :
Indonesian

Type :
Text

Identifier :
information not available

Coverage :
Indonesia