Collection Detail

TAMBALAN CEPAT MANTAP ASBUTON (TCMA) DENGAN ADITIF BERBASIS AIR


Subject :

Description :

Jalan memiliki peran penting dalam berbagai bidang, baik dalam bidang ekonomi, sosial budaya maupun integrasi nasional suatu negara. Namun sejalan dengan waktu kinerja jalan sudah pasti akan mengalami penurunan kondisi. Kerusakan atau kegagalan perkerasan dapat diakibatkan oleh repetisi beban kendaraan, daya dukung pondasi atau tanah dasar yang lemah, kondisi musim hujan yang panjang, atau kombinasi dari beberapa faktor tersebut. Penundaan penanganan bagian perkerasan yang mengalami kerusakan, seperti halnya kerusakan berupa lobang, maka air dapat dengan mudah masuk ke perkerasan dan apabila terbiarkan lama lapisan struktur perkerasan akan mengalami  kejenuhan dan kerusakan yang terjadi akan bertambah berat serta meluas ke sekitarnya. Dengan terjadinya kerusakan maka mengganggu kelancaran perjalanan dan pengguna jalan tidak merasa nyaman serta meningkatkan biaya transportasi. 
Untuk itu, pengembangan teknologi tambalan cepat mantap, khususnya tambalan cepat mantap asbuton (TCMA) dengan aditif penggembur berbasis air. Ketersediaan TCMA merupakan sesuatu hal yang sangat penting dan sebagai bagian dari strategi penanganan perkerasan lentur dalam upaya mempertahankan umur layan jalan agar sesuai dengan rencana. 
Buku ini berisikan hasil kajian tentang Tambalan Cepat mantap Asbuton (TCMA), baik hasil pengujian di laboratorium maupun hasil uji coba di lapangan.


Source :
information not available

Publisher :

Date :
Desember, 2015

Contributor :
Pusjatan

Rights :
information not available

Relation :
information not available

Format :
PDF

Language :
Indonesian

Type :
Text

Identifier :
information not available

Coverage :
Indonesia