Collection Detail

KARAKTERISASI PULTRUDED FIBER REINFORCED POLIMER (PFRP) DAN KONSEP PERENCANAAN JEMBATAN BERBAHAN MATERIAL KOMPOSIT


Subject :

Description :

Saat ini Fiber Reinforced Polimer (FRP) menjadi trend di dunia baik di bidang transportasi, industri, infrastruktur, hingga permukiman. FRP dipilih sebagai alternatif material struktur oleh karena rasio strength terhadap berat sendiri yang sangat tinggi disamping memiliki sifat lainnya seperti non konduktif, anti korosi, dan sebagainya. 
Di Indonesia penggunaan material FRP khususnya untuk infrastruktur seperti jembatan masih belum berkembang. Penggunaannya masih terbatas pada aplikasi perkuatan jembatan. Namun demikian, Indonesia telah memproduksi komposit polimer yang berbentuk profil yang saat ini diaplikasikan untuk struktur gording pada atap dan dapat digunakan untuk elemen jembatan. Tetapi diperlukan kajian guna mengetahui dasar-dasar perencanaan beserta karakteristik bahan polimer tersebut.  
Pada naskah ilmiah ini dibahas state of the art  konsep perencanaan struktur dengan bahan komposit polimer, karakterisasi bahan polimer komposit yang diproduksi di Indonesia, beserta konsep analisis sistem sambungan. Diharapkan dengan adanya buku ini, dapat memberikan gambaran tentang karakteristik FRP serta cara perencanaan struktur komposit. Namun demikian, mengingat ilmu pengetahuan yang terus berkembang, diharapkan masukan dari semua pihak terhadap buku ini guna penyempurnaan ke depan.
Akhir kata kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dalam penulisan buku ini.
 


Source :
information not available

Publisher :

Date :
Desember, 2013

Contributor :
Pusjatan

Rights :
information not available

Relation :
information not available

Format :
PDF

Language :
Indonesian

Type :
Text

Identifier :
978-602-264-036-3

Coverage :
Indonesia

Files :