Collection Detail

KINERJA PERKERASAN LENTUR DENGAN TEKNOLOGI RECYCLING, ASPAL MODIFIKASI DAN BAHAN LOKAL


Description :

Buku ini membahas keandalan beberapa teknologi bahan untuk perkerasan lentur yang telah diuji secara sekala laboratorium dan lapangan. Jenis teknologi bahan perkerasan jalan lentur tersebut mencakup teknologi daur ulang, teknologi jenis campuran Split Mastic Asphalt (SMA) dan Porous Asphalt, teknologi campuran beraspal modifikasi yang menggunakan aspal polimer, teknologi bahan lokal dan teknologi Otta Seal. Dalam mengevaluasi keandalan beberapa teknologi bahan ini, dilakukan monitoring dan evaluasi pada lokasi-lokasi uji coba di lapangan yang dilakukan oleh Pusat litbang Jalan dan Jembatan serta oleh Bina Marga.  
Tujuan dari kegiatan ini adalah mengevaluasi kinerja teknologi perkerasan lentur khususnya teknologi daur ulang, teknologi jenis campuran split mastic asphalt dan porous asphalt, teknologi campuran beraspal modifikasi yang menggunakan aspal polimer, teknologi bahan lokal dan teknologi otta seal untuk perkerasan jalan.
Metode yang digunakan untuk mendapatkan data adalah dengan mengadakan pengumpulan data laboratorium dan lapangan hasil dari  pemantauan atau monitoring secara berkala, yaitu melalui pengujian di lapangan yang mencakup penilaian kondisi fungsional dan pengujian kekuatan struktur perkerasan. Penilaian kondisi fungsional adalah melalui pengujian ketidakrataan dengan alat NAASRA-meter dan pengamatan secara visual (PCS) serta pengukuran kedalaman alur. Penilaian kekuatan struktur perkerasan adalah dengan melakukan pengujian lendutan. Di samping itu, untuk mengevaluasi sifat campuran beraspal dilakukan juga pengambilan contoh lapangan yang selanjutnya dilakukan pengujian di laboratorium. Tujuan pengujian di laboratorium ini adalah untuk mengevaluasi sifat campuran beraspal (volumetrik campuran) seperti, perubahan kepadatan dan rongga campuran.
Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi diharapkan dapat memberikan masukkan dalam penyempurnaan pada metode perancangan campuran dan pelaksanaan teknologi bahan perkerasan jalan lentur tersebut di atas.


Source :
information not available

Publisher :

Date :
Desember 2012

Contributor :
Pusjatan

Rights :
information not available

Relation :
information not available

Format :
PDF

Language :
Indonesian

Type :
Text

Identifier :
978-602-1514-09-2

Coverage :
Indonesia