Collection Detail

PROPERTIS BAHAN DAN CAMPURAN BERASPAL PANAS


Subject :

Description :

Kajian ini merupakan hasil penelitian dan pengembangan yang meninjau tentang sifat bahan dan campuran yang digunakan dalam campuran beraspal panas. Agregat dan aspal merupakan bahan pokok yang dapat menentukan kinerja dari campuran beraspal panas sehingga kualitas bahan harus memenuhi kriteria yang disyaratkan dan secara terus menerus dikendalikan.
 
Sebagai pedoman dalam perencanaan serta pelaksanaan pekerjaan campuran beraspal panas diberikan batasan kriteria yang tertuang dalam spesifikasi pekerjaan. Dalam rangka menjawab tentang beberapa isu yang timbul seperti  peningkatan beban lalu- lintas, terbatasnya bahan campuran yang ada, curah hujan yang tinggi, temperatur serta kemajuan teknologi dalam bidang campuran beraspal panas maka beberapa nilai dalam spesifikasi perlu dievaluasi dan disempurnakan.
 
Litbang memberikan gambaran tentang penggunaan bahan anti stripping dalam campuran dan pengaruh penambahan tersebut terhadap ketahanan  campuran akibat pengaruh air yang dinyatakan dalam  suatu nilai Marshall Stability Retained dan Indirect Tensile Strength Retained. Penambahan bahan ini berkaitan dengan adanya upaya untuk meningkatkan ketahanan
vi Propertis Bahan dan Campuran Beraspal Panas
 
campuran terhadap pengaruh air, sehingga kerusakan dini dapat dicegah dan umur perkerasan yang menggunakan campuran beraspal panas dapat lebih tahan lama.
 
Kajian juga membahas tentang perencanaan penentuan kadar aspal berdasarkan metode superpave menggunakan pemadat giratori yang telah digunakan sebagai dasar perencanaan campuran beraspal panas di beberapa negara.  
 
Tulisan ini merupakan bagian dari  hasil penelitian dan pengembangan Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (PUSJATAN)  tahun anggaran 2011 dengan  judul  Kajian properties dan toleransi campuran beraspal panas dan dingin serta tentang aspal Performance Grade.  
 
Isi dari kajian ini diharapkan dapat digunakan  sebagai masukan bagi para praktisi bidang material dan perkerasan jalan, peneliti dan para ahli lainnya khususnya yang tertarik dalam konstruksi dan kinerja campuran beraspal panas.


Source :
information not available

Publisher :

Date :
Desember 2011

Contributor :
Pusjatan

Rights :
information not available

Relation :
information not available

Format :
PDF

Language :
Indonesian

Type :
Text

Identifier :
978-602-8758-64-2

Coverage :
Indonesia