Collection Detail

TEKNOLOGI PRESERVASI PERKERASAN LENTUR


Subject :

Description :

Pembinaan jalan yang hasilnya dapat memenuhi tuntutan masyarakat pengguna jalan bukanlah pekerjaan yang mudah, lebih-lebih pada saat kondisi anggaran terbatas serta beban kendaraan yang cenderung jauh melampaui batas dan kondisi cuaca yang kurang bersahabat. Di samping itu, makin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menyampaikan tuntutannya atas penyediaan prasarana jalan merupakan tantangan yang perlu mendapat perhatian dari pihak-pihak yang terkait dalam pembinaan jalan. Aspek-aspek tersebut merupakan kenyataan yang tidak bisa dihindari dan perlu dijadikan pendorong untuk mencari upaya-upaya yang dapat meningkatkan pembinaan jalan secara efektif dan efisien. Untuk itu, strategi penanganan perkerasan lentur merupakan sesuatu hal yang sangat penting dalam upaya mempertahankan umur layan jalan sesuai dengan yang diharapkan atau sesuai rencana. Peleksanaan pemeliharaan yang tepat, baik teknologi bahan yang digunakan sesuai dengan kondisi kerusakan dan kondisi lalu-lintas maupun waktu pemeliharaan yang tepat.  
 
Strategi penanganan perkerasan jalan yang baik adalah pelaksanaan pemeliharaan yang bersifat pencegahan atau proaktif bukan reaktif serta dengan jenis bahan yang tepat sesuai dengan kondisi lapangan (tipe kerusakan
vi Teknologi Preservasi Perkerasan Lentur
 
dan lalu-lintas yang dilayani). Salah satu teknologi bahan untuk pelaksanaan kegiatan preservasi adalah lapis tipis beton aspal (Thin HMA). Teknologi bahan tersebut memiliki kelebihan diantaranya lebih tahan atau memiliki umur panjang, mudah dikerjakan, dapat langsung dibuka untuk lalu-lintas serta lebih mudah dipelihara.


Source :
information not available

Publisher :

Date :
Desember 2011

Contributor :
Pusjatan

Rights :
information not available

Relation :
information not available

Format :
PDF

Language :
Indonesian

Type :
Text

Identifier :
978-602-8758-63-5

Coverage :
Indonesia