Collection Detail

PEMANFAATAN TEKNOLOGI LABURAN ASPAL UNTUK PEMELIHARAAN PERKERASAN BERASPAL


Subject :

Description :

Pemeliharaan perkerasan beraspal selama umur layan merupakan kegiatan yang semestinya dilaksanakan karena kinerja perkerasan beraspal sudah pasti akan mengalami penurunan kondisi. Salah satu penyebab terjadinya penurunan kondisi adalah karena aspal yang digunakan sebagai bahan pengikat mengalami penuaan pengaruh oksidasi. Dengan terjadinya penuaan pada aspal mengakibatkan bahan pengikat menjadi lebih getas, sehingga akhirnya akibat beban lalu lintas permukaan perkerasan akan mudah mengalami pengausan, retak atau pelepasan butir. Perkerasan beraspal akan mengalami penuaan pada tingkat yang berbeda karena sifat campuran, repetisi beban lalu lintas, dan efek lingkungan.
Strategi penanganan perkerasan jalan yang baik adalah pelaksanaan pemeliharaan yang bersifat pencegahan atau proaktif bukan reaktif serta dengan jenis bahan yang tepat sesuai dengan kondisi lapangan (tipe kerusakan dan lalu-lintas yang dilayani). Untuk itu, strategi penanganan perkerasan lentur merupakan sesuatu hal yang sangat penting dalam upaya mempertahankan umur layan jalan agar sesuai dengan yang diharapkan atau sesuai rencana. Peleksanaan pemeliharaan yang tepat, baik teknologi bahan yang digunakan sesuai dengan kondisi kerusakan dan kondisi lalu-lintas maupun waktu pemeliharaan yang tepat.
Berkaitan dengan permasalahan di atas, salah satu teknologi bahan untuk pemeliharaan preventif yang dibahas pada buku ini adalah mencakup teknologi Laburan Aspal (Sand Seal)


Source :
information not available

Publisher :

Date :
December 2013

Contributor :
Pusjatan

Rights :
information not available

Relation :
information not available

Format :
PDF

Language :
Indonesian

Type :
Text

Identifier :
978-602-264-052-3

Coverage :
Indonesia