Collection Detail

TRAFFIC MANAGEMENT CENTRE DI RUAS JALAN PERKOTAAN


Description :

Jaringan jalan yang tidak efektif, yang salah satu indikatornya adalah sering terjadi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. Akibat kemacetan Negara dirugikan hingga mencapai 80 triliun rupiah per tahun (Ofyar Z Tamim, 2008), angka ini setara dengan 8% APBN 2010. Dapat dibayangkan bila biaya yang terbuang tersebut dimanfaatkan untuk pembenahan system transportasi jalan seperti pada bagian infrastruktur dan manajemen lalu lintas, kiranya akan jauh bermanfaat.
Solusi yang efektif dalam  meminimalkan kemacetan ditengah segala keterbasan salah satunya dengan cara memperbaiki sistem sarana informasi bagi pengguna jalan, peningkatan sarana transportasi jalan di Indonesia, yang dikontribusi oleh aspek informasi.
Traffic Management Center (TMC) sebagai pusat pengolahan data terpadu yang berkaitan dengan volume, jenis kendaraan, kondisi lalu lintas dan kondisi lingkungan jalan. Selain untuk kebutuhan verifikasi data volume lalulintas, TMC juga berguna sebagai  induk pengawasan jarak jauh kondisi aktual lalulintas pada ruas-ruas vital seperti lokasi rawan kecelakaan, lokasi rawan longsor, atau lokasi rawan macet, untuk menunjang sistem monitoring lalulintas terpadu yang bersifat permanen ataupun sementara dengan manfaat meningkatkan kinerja jalan dan keselamatan jalan.
TMC hasil riset di PUSJATAN direncanakan menjadi pusat penunjang data base PUSJATAN dan sebagai referensi bagi pembuatan TMC di Indonesia. Hasil TMC ini rencananya akan di ujicobakan untuk jalan nasional, Tol dan jalan perkotaan. Tetapi pada tahun 2011 ini baru diujicoba penggunaan untuk jalan perkotaan saja.


Source :
information not available

Publisher :

Date :
2011 Desember

Contributor :
Pusjatan

Rights :
information not available

Relation :
information not available

Format :
PDF

Language :
Indonesian

Type :
Text

Identifier :
977-602-8256-58-2

Coverage :
Indonesia

Files :