Home Logo

Dinas PU Kembali Alokasikan Rp 13 M untuk Pembangunan Jembatan Sicanang


Selasa, 02/04/2019 00:00:00 WIB |   Berita/Umum |   133

Medanbisnisdaily.com-Medan. Dinas PU Kota Medan akan melanjutkan proyek perbaikan jembatan Titi Dua Sicanang yang berulang kali amblas tahun ini. Kepala Bidang Jalan Jembatan Dinas PU Medan, Mukhyar, mengatakan, alokasi anggaran untuk pembangunan jembatan itu sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Rp13 miliar alokasi anggarannya," ujarnya, di Medan, Selasa (2/4/2019).

Karena berulang kali amblas, Mukhyar mengatakan. pihaknya akan lebih berhati-hati di dalam proses pembangunan. Bahkan, untuk pengerjaan tahun ini pihaknya melibatkan ahli dari Universitas Sumatera Utara (USU) untuk pembuatan gambar.

"Harus hati-hati jangan sampai bermasalah lagi," tegasnya.

Ia memperkiraka perencanaan atau desain jembatan yang diperkirakan selesai bulan ini. Setelah itu desain pembangunannya selesai, selanjutnya akan dilelang pada Juni nanti. "Masih buat perencanaan. Tapi, yang jelas dianggarkan tahun ini pembangunan jembatan itu untuk dikerjakan," sebutnya.

Muhkyar juga mengaku, desainnya tidak sama dengan yang dibuat sebelumnya, karena lebih panjang jembatan yang akan dibangun. Sebab, tidak cocok lagi menggunakan desain yang lama.

"Desainnya baru, enggak mungkin lagi desain yang lama kita gunakan. Panjangnya kalau dulu sekitar 26 meter, sedangkan sekarang kurang lebih 36 meter," ujarnya.

Kata dia, dalam membuat desain Jembatan Sicanang harus ekstra hati-hati dan tidak mau terulang lagi sampai ambruk. Makanya, agak lama membuat desain tersebut. Sebab, kondisi lahannya sulit diprediksi, karena pernah dihitung dan ditempatkan material bangunan seperti batu dan lainnya sekitar 40 meter. Ternyata, dalam hitungan 5 menit sudah hilang terbawa arus air. Bukannya pelan arus air, tetapi mendadak begitu saja.

Dilanjutkan Mukhyar, proses membuat desain jembatan itu harus diukur ketahanan tanah di lokasi. "Jangan nanti ambruk lagi, kita yang disalahkan. Jadi, kita tunggulah hasil perhitungan dari timnya bagaimana," ucapnya.