Jembatan Khusus di Prov. Sumatera Selatan

Jembatan Khusus di Prov. Sumatera Selatan

KRITERIA JEMBATAN KHUSUS MENURUT PERMEN PUPR NOMOR 41 TAHUN 2015 ANTARA LAIN :

• Jembatan dengan bentang minimal 100 meter.
• Jembatan pelengkung dengan bentang minimal 60meter, jembatan gantung dan jembatan beruji kabel.
• Jembatan dengan total panjang minimal 5.000 meter.
• Jembatan dengan ketinggian pilar diatas 40 meter.
• Memiliki kompleksitas struktur tinggi.

JEMBATAN AMPERA

Jembatan sepanjang 704 meter berdiri diatas Sungai Musi dan menjadi icon Kota Palembang. Jembatan ini dibangun menggunakan dana rampasan dari Pemerintahan Jepang, konstruksidirnulai tahun 1962 dan beroprasi tahun 1965

JEMBATAN AIR OGAN LAMA I

Jembatan yang terletak di ruas Jalan Ki Wahid Hasyim ini dibangun sekitar tahun 1939, tipe bangunan atas pelengkung beton dengan panjang bentang bagian pelengkung 78.07 meter. Total panjang jembatan yang terletak di daerah Kertapati ini adalah 205.8 meter yang terdiri dari 8 bentang.

JEMBATAN MUSI IV

Jembatan Musi IV memiliki panjang total 902 meter dibangun mulai tahun 2016 – 2018. Jembatan ini terletak di ruas jalan non-nasional namun pemeliharaannya di bawah kewenangan BBPJN Sumsel. Jembatan ini dibangun untuk mengurangi beban dan kemacetan yang terjadi di Jembatan Ampera. Struktur bangunan atas berupa extradosed dengan 2 pylon, masing-masing pylon terdapat 2×12 kabel yang berfungsi menahan beban pada struktur lantai.

JEMBATAN AIR MUSI II

Jembatan Air Musi II terletak di ruas Jalan Mayjen Yusuf Singadekane dengan panjang total 535.9 meter. Dibangun pada tahun 1992 dengan tipe bangunan atas berupa Rangka baja Australia (RBA). Jembatan ini termasuk kedalam jembatan khusus karena salah satu bentangnya memiliki panjang 100 meter.

JEMBATAN MUSI II (DUPLIKASI)

Jembatan Air Musi II Duplikasi dibangun pada tahun 2014 dengan panjang total 790 meter. Struktur atas bentang utama berupa pelengkung baja menerus 

JEMBATAN AIR TELUK BARU

Jembatan Air Teluk Baru terletak di ruas Jalan Betung – Sekayu. Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 2003. Struktur atas berupa box girder yang dibangun menggunakan sistem balanced cantilever.

#SigapMembangunNegeri
#MenyambungNegeri

Leave a Reply