JALUR ALTERNATIF BATURAJA – MUARA ENIM SELAMA PERBAIKAN JALAN AKIBAT LONGSOR DI DESA KEBAN AGUNG, MUARA ENIM – SP. SUGIHWARAS

JALUR ALTERNATIF BATURAJA – MUARA ENIM SELAMA PERBAIKAN JALAN AKIBAT LONGSOR DI DESA KEBAN AGUNG, MUARA ENIM – SP. SUGIHWARAS

#SobatBinaMarga, tingginya intensitas hujan di wilayah Kabupaten Muara Enim menyebabkan terjadinya jalan amblas di Jalan Lintas Tengah Sumatera tepatnya di Desa Keban Agung Km. 192+950 Ruas Muara Enim – Sp. Sugihwaras. Sepanjang 10 meter badan jalan amblas dengan lebar 6 meter dan kedalaman mencapai 5 meter. Peristiwa ini terjadi pada hari Minggu (9/1) dini hari sekitar pukul 04.00 WIB.
Akibat peristiwa ini, arus lalu lintas sempat terputus total selama hampir 2 jam sehingga arus lalu lintas harus dialihkan ke arah Beringin dan Prabumulih untuk Bus dan Truk Besar, sedangkan untuk kendaraan kecil dan motor langsung dapat melintas karena telah dilakukan pembukaan jalan detour dengan sistem buka tutup.
Tingginya intensitas hujan menyebabkan debit air di saluran yang melampaui kapasitas saluran, serta kondisi jalan yang memang selalu dilalui oleh kendaraan besar bertonase tinggi sehingga meningkatkan risiko terjadinya longsor di area ini.
Sampai saat ini, arus lalu lintas di ruas jalan ini masih dibatasi. Kendaraan kecil jenis minibus diberikan jalur alternatif melalui Jalan BTN Air Paku-Baralestari, sedangkan kendaraan besar seperti bus, tronton, dan truk diharuskan putar balik arah melalui Beringin-Prabumulih untuk menghindari kemacetan panjang.

Tim Reaksi Cepat (TRC) PPK 2.1 Sumatera Selatan, Camellia Nazir beserta jajarannya telah melakukan penanganan darurat di lapangan berupa penggantian gorong-gorong yang pecah agar aliran air terarah dan lancar kemudian dilakukan penimbunan badan jalan dengan aggregat agar dpt dilalui kendaraan untuk menangani kondisi ini.
Ke depannya, seluruh direksi BBPJN Sumatera Selatan berupaya agar dapat bertindak lebih sigap dalam melakukan penanganan darurat sehingga dampak dan risiko yang disebabkan akibat cuaca ekstrem di ruas-ruas jalan Nasional Sumatera Selatan dapat diminimalisir dan arus lalu lintas serta logistik dapat kembali berjalan normal.

#SigapMembangunNegeri
#menyambungNegeri

Leave a Reply