Home Logo

Optimalkan Perbaikan Drainase Jalan Nasional di Pangkajene Kepulauan


Jum'at, 24/06/2022 00:00:00 WIB |   Berita/Umum |   56

Direktur Preservasi Wilayah II Direktorat Jenderal Bina Marga Ir. Thomas Setia Budi Ade, M.Sc Eng, bersama Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sulawesi Selatan Reiza Setiawan, ST, M.Sc mendampingi kunjungan kerja spesifik anggota komisi V DPR-RI yang dipimpin oleh A. Iwan Darmawan Aras di kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan, kamis (23/6/2020)

Banjir yang terjadi beberapa kali dalam kurun waktu dua tahun terakhir, di pusat kota Pangkajene Kepulauan (Pangkep) telah menyebabkan kegiatan perekonomian masyarakat Pangkep terganggu. Banjir ini disebabkan pendangkalan Sungai Pangkajene dan drainase di beberapa titik ruas jalan yang belum optimal menampung air. Menindaklanjuti hal tersebut BBPJN Sulawesi Selatan telah melakukan penanganan drainase jalan nasional secara berkala dalam bentuk program padat karya.

"Terkait banjir Pangkep, khusus di jalan nasional tahun ini BBPJN sudah memetakan drainase yang perlu ditangani termasuk drainase yang berada disekitar kantor bupati sudah dilakukan program pembersihan. Banjir ini memang surutnya agak lambat karena terhambatnya saluran drainase jalan yang tertutup jalan masuk pertokoan. Drainase jalan bukan hanya pembersihan saluran saja tapi bagaimana untuk menertibkan rumija yg tidak sesuai peruntukannya, kami berharap dalam pelaksanaannya Dinas PU Kabupaten Pangkep bisa berkordinasi dan survey bersama dengan BBPJN" ungkap  Thomas Setiabudi Aden.

Pelaksanaan pemetaan yang telah dilaksanakan BBPJN Sulsel dari total panjang 41, 20 ruas jalan nasional di Kabupaten Pangkep telah dilengkapi drainase pasangan batu 11,98 km saluran tanah 14,72 km. Sedangkan kebutuhan pembangunan drainse pada sisi kiri jalan sepanjang 5,13 km dan sisi kanan jalan 4,92 km.

Pada kunjungan kerja spesifik ini, turut hadir mendampingi, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeberang, Kepala Balai Prasarana Permukinan Wilayah Sulawesi Selatan, Kepala Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Kontruksi Wilayah Sulawesi Selatan dan Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sulsel.

Facebook : Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sulawesi Selatan

Twitter : @puprjalansulsel

Instagram : pupr_jalan_sulsel

Youtube : BBPJNSULSEL

 

#SigapMembangunNegeri

#MenyambungNegeri