Home Logo

Monitoring Dampak Bencana di Pulau Selayar


Jum'at, 23/09/2022 00:00:00 WIB |   Berita/Umum |   130

Selayar (22/9) Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sulawesi Selatan Reiza Setiawan ST, M.Sc melaksanakan monitoring lapangan memantau kondisi jalan nasional di Kepulauan Selayar.  Kepulauan Selayar merupakan salah satu pulau di Provinsi Sulawesi Selatan yang memiliki ruas jalan nasional sepanjang 100,05 Km,  membentang dari ujung utara Pelabuhan Pamatata ke ujung selatan pelabuhan Patumbukan.

Untuk mencapai Pulau Selayar dapat dilalui dengan moda transportasi Pesawat Terbang dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar ke Bandara Selayar dan menggunakan kapal laut dari pelabuhan Bira ke Pelabuhan Pamatata. Monitoring dilaksanakan untuk melihat dari dekat penanganan dan kondisi jalan nasional dipulau Selayar termasuk dampak kejadian bencana yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

Pada Km 13+350 terjadi longsoran bahu jalan sedalam 6 meter yang mengakibatkan guadril (pengaman jalan) terguling akibat gerusan banjir air sungai. Kondisi dilapangan dampak gerusan air tersebut akan semakin melebar yang akan menggerus ke badan jalan. “ Kondisi ini akan segera ditangani sementara dengan alokasi pemeliharaan rutin bisa menggunakan cerucuk pohon kelapa yang banyak disekitar lokasi sehingga dampaknya apabila terjadi bajir ata rob air laut  bias mencegah kerusakan yang lebih luas “ jelas Reiza Setiawan.

“ Sementara untuk penanganan permanennya diusulkan pada alokasi anggaran tahun 2023, termasuk desain penangananya dapat dilaksanakan pada tahun ini oleh coretim Satker P2JN Sulsel “ tambah Reiza.

Kejadian – kejadian bencana yang terjadi disepanjang ruas jalan nasional memiliki potensi akan merusak konstruksi jalan nasional seperti dampak pergeseran aliran air sungai pada km. 7+700 dan genangan air pada ruas jalan km 2+300 akibat saluran air yang tidak berfungsi. Menyikapi hal tersebut BBPJN Sulsel melalui PPK 1.2 melakukan identifikasi menyeluruh potensi kerusakan jalan nasional termasuk melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait.

Turut hadir monitoring mendampingi Kepala BBPJN Sulawesi Selatan Kepala Bidang Preservasi I dan II, Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan, Kepala Bidang Keterpaduan Pembangunan Infrastruktur Jalan, Kasatker PJN 1 Sulsel, serta PPK 1.2 Sulawesi Selatan.

 

Facebook : bbpjnsulsel

Twitter : @puprjalansulsel

Instagram : pupr_jalan_sulsel

Youtube : BBPJNSULSEL

 

#SigapMembangunNegeri

#MenyambungNegeri