Home Logo

Longsor Palopo - Toraja Akan dibangun Jembatan Gantung


Minggu, 28/06/2020 00:00:00 WIB |   Berita/Umum |   983

Palopo – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian melakukan kunjungan lokasi yang terdampak bencana longsor di Kelurahan Battang Barat, Kecamatan Wara Barat, Kota  Palopo bersama Wali Kota Palopo, Judas Amir. Tepatnya di Km 366+350 ruas jalan nasional Palopo-Toraja Utara (Torut) Minggu, (28/6/2020)

Longsor yang terjadi jumat sore kemarin, sempat menjebak kendaraan karena runtuhan material  menimbun ruas jalan dibawahnya di Km 368+450, dan mengakibatkan 9 rumah masyarakat terdampak longsor. Pada kesempatan itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan jalan terputus karena bencana longsor yang menghubungkan Palopo-Toraja Utara (Torut) untuk sementara akan dibangun jembatan gantung sebagai akses masyarakat dan sepeda motor.

"Untuk pekerjaannya dari secara teknis tidak terlalu rumit. Mencari jalan alternatifnya yang susah dan untuk sementara akan dibangun jembatan gantung yang dapat diakses oleh orang dan kendaraan roda dua, membutuhkan waktu kurang lebih tiga bulan dan akan akan dimulai besok serta penanganan permanennya menggunakan jembatan rangka baja," jelas Menteri Basuki.

Hadir mendampingi Menteri PUPR Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah II Ditjen Bina Marga Kepala Biro Komunikasi Publik, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Sulawesi Selatan. Setelah melakukan kunjungan ke Kelurahan Battang, Menteri PUPR RI kembali ke Bandara Bua untuk melanjutkan perjalanan kembali ke Jakarta.