Pemeriksaan Bersama Menara Jembatan Ampera

Jum'at, 23 September 2022


Tekan ini untuk lihat Gambar

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Balai Jembatan melakukan Pemeriksaan Bersama pada Menara Jembatan Ampera, Sumatera Selatan . Kegiatan ini turut dihadiri oleh Tim Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumatera Selatan, dan Anggota Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ).

 

Jembatan Ampera ini merupakan lambang Kota Palembang, dan letaknya pun berada di tengah-tengah kota serta menghubungkan daerah seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungan Musi. Menara ini dahulunya merupakan bagian dari sistem mekanis pengangkat jembatan. Saat diresmikan pada tahun 1965, deck pada bentang tengah jembatan bisa diangkat agar kapal-kapal besar bisa melintas tanpa adanya gangguan, namun sejak tahun 1970 bagian tengah dari jembatan sudah tidak dapat diangkat lagi. Sehingga Bandul pemberatnya pada tahun 1990  dibongkar, karena dikhawatirkan dapat membahayakan pengguna jembatan. Jembatan ini memiliki ketinggian 11,5 m dari atas permukaan air, dengan tinggi menara 63 m dari permukaan tanah, dan jarak antara menara 75 m.


Pemeriksaan bersama ini bertujuan untuk mendapatkan data terkait kondisi menara yang nantinya akan dilakukan revitalisasi. Kemudian nantinya setelah dilakukan di revitalisasi, menara jembatan Ampera ini akan digunakan untuk objek wisata unutk masyarakat.


BERITA LAINNYA
...

Menteri Basuki : Membangun Infrastruktur, Mengelola Harapan Masyarakat yang Tinggi

...

Daftar Penerima Penghargaan PUPR Tahun 2018

...

Proyek Asian Games 2018 Kementerian PUPR Mendapatkan Penghargaan Khusus Indonesia Property Award 2018 Kategori Fasilitas Umum

...

Menteri Basuki Dorong REI Terus Tingkatkan Penyediaan Rumah MBR Terjangkau dan Berkualitas

...

Kementerian PUPR Raih Dua Penghargaan Anugerah Media Humas 2018

...

Jalan Tol Diharapkan Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat Bagian Selatan

...

Menteri Basuki : Perlu Terobosan Baru Dalam Mitigasi Bencana di Indonesia

...

Pekerja Konstruksi Wajib Miliki Sertifikat Kompetensi Kerja

...

Menteri Basuki Menerima Penghargaan Tokoh Pembangunan Infrastruktur Indonesia dari Majalah Property & Bank