Pelaksanaan Pengujian Dinamik Jembatan Youtefa

Selasa, 26 April 2022


Tekan ini untuk lihat Gambar

PAPUA – Kementerian PUPR melaksanakan pengujian dinamik pada Jembatan Youtefa yang terletak di Teluk Youtefa, Kota Jayapura, Provinsi Papua pada 13 April 2022. Pengujian beban dinamik ini dilakukan dengan tujuan mengevaluasi respon dinamik struktur jembatan tanpa menyebabkan kerusakan. Maka dari itu, sebelum dilakukan pengujian, jembatan harus dipastikan dalam keadaan sehat dan layak uji.

 

Uji dinamik dilakukan dengan menggunakan beban bergerak berupa truk sehingga dapat ditimbulkan impuls getaran, untuk kemudian dibaca menggunakan sensor accelerometer. Hasil dari pembacaan sensor kemudian dibandingkan dengan desain. Uji ini dilakukan oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Jayapura sebagai pengelola jembatan dan Balai Jembatan selaku pelaksana inspeksi.

 

Sebagai informasi, Jembatan Youtefa diresmikan pada tahun 2019, dengan nomor jembatan 62.032.001.0, merupakan jembatan bertipe baja box pelengkung dengan panjang 432 meter dan lebar 21 meter. Museum Rekor Indonesia (MURI) juga pernah memberikan 2 rekor pada proyek pembangunan Jembatan Youtefa yakni rekor pengiriman jembatan rangka baja utuh dengan jarak terjauh, dan rekor pemasangan jembatan rangka baja utuh terpanjang.


BERITA LAINNYA
...

Menteri Basuki : Membangun Infrastruktur, Mengelola Harapan Masyarakat yang Tinggi

...

Daftar Penerima Penghargaan PUPR Tahun 2018

...

Proyek Asian Games 2018 Kementerian PUPR Mendapatkan Penghargaan Khusus Indonesia Property Award 2018 Kategori Fasilitas Umum

...

Menteri Basuki Dorong REI Terus Tingkatkan Penyediaan Rumah MBR Terjangkau dan Berkualitas

...

Kementerian PUPR Raih Dua Penghargaan Anugerah Media Humas 2018

...

Jalan Tol Diharapkan Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat Bagian Selatan

...

Menteri Basuki : Perlu Terobosan Baru Dalam Mitigasi Bencana di Indonesia

...

Pekerja Konstruksi Wajib Miliki Sertifikat Kompetensi Kerja

...

Menteri Basuki Menerima Penghargaan Tokoh Pembangunan Infrastruktur Indonesia dari Majalah Property & Bank