Inspeksi Jembatan Kahayan, Palangka Raya, Kalimantan Tengah

Jum'at, 23 September 2022


Tekan ini untuk lihat Gambar

Balai Jembatan melakukan kegiatan Inspeksi Jembatan Khayan. Kegiatan inspeksi Ini dilakukan pada tanggal 27 s.d 31 Juli 2022.

Pengujian dilakukan dengan beberapa tahapan, seperti  pemeriksaan visual jembatan untuk mengetahui kondisi jembatan Kahayan secara visual, pemeriksaan baut untuk mengetahui kekencangan baut pada struktur rangka jembatan, Pemeriksaan Non-Destructive Test (NDT) yang meliputi Ultrasonic Pulse Velocity Test dan Hammer untuk mengetahui homogenetias mutu dan kerapatan beton di lapang

an, pengujian dinamik untuk mengetahui perilaku dinamik struktur rangka jembatan (frekuensi alami dan redaman), pengujian gaya kabel untuk mengetahui tegangan kabel dan struktur, pengujian ketebalan cat untuk mengetahui tingkat ketebalan cat pada titik-titik yang terindikasi rawan saat terjadi karat.

 

Mengapa pengujian ini dilakukan? karena untuk memastikan kelaikan jembatan agar aman untuk digunakan oleh masyarakat, dan sebagaimana pemenuhan amanat Peraturan Menteri PUPR No. 40 Tahun 2015 bahwasannya setiap jembatan khusus dan terowongan di Indonesia perlu dilaporkan kondisnya setiap tahun kepada Komisi Keamaman Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ).

 

Fakta Menariknya Jembatan Kahayan merupakan satu-satunya jembatan rangka baja di Indonesia yang digantung dibawah pelengkung baja sepanjang 150 meter, dan terdiri dari 12 bentang dengan total Panjang 640 meter. Jembatan ini  merupakan icon dari kota Palangka Raya. Tidak hanya itu, Jembatan ini memiliki desain yang sangat unik pada bentang utamanya.


BERITA LAINNYA
...

Menteri Basuki : Membangun Infrastruktur, Mengelola Harapan Masyarakat yang Tinggi

...

Daftar Penerima Penghargaan PUPR Tahun 2018

...

Proyek Asian Games 2018 Kementerian PUPR Mendapatkan Penghargaan Khusus Indonesia Property Award 2018 Kategori Fasilitas Umum

...

Menteri Basuki Dorong REI Terus Tingkatkan Penyediaan Rumah MBR Terjangkau dan Berkualitas

...

Kementerian PUPR Raih Dua Penghargaan Anugerah Media Humas 2018

...

Jalan Tol Diharapkan Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat Bagian Selatan

...

Menteri Basuki : Perlu Terobosan Baru Dalam Mitigasi Bencana di Indonesia

...

Pekerja Konstruksi Wajib Miliki Sertifikat Kompetensi Kerja

...

Menteri Basuki Menerima Penghargaan Tokoh Pembangunan Infrastruktur Indonesia dari Majalah Property & Bank