Inspeksi dan Pengujian Dinamik Jembatan Samota

Kamis, 23 Juni 2022


Tekan ini untuk lihat Gambar

Nusa Tenggara Barat - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 13 Juni - 17 Juni 2022 menggelar kegiatan Inspeksi Jembatan Samota di Labuan Badas, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

Kegiatan ini perlu dilaksanakan karena merupakan kegiatan pemantauan rutin sesuai yang diamanatkan dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 41 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan.

Pelaksanaan inspeksi meliputi inspeksi visual, inspeksi khusus (non destructive test), pengukuran geometrik, pengambilan data LiDAR, dan pengujian getaran (vibrasi). Data yang perlu didapatkan dalam uji getaran yaitu respon dinamik jembatan agar selanjutnya dapat dibandingkan dengan desain dan pengujian terdahulu.

Pelaksanaannya dilakukan oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Nusa Tenggara Barat sebagai pengelola jembatan, Balai Jembatan sebagai pelaksana inspeksi dan Prof. Dr. Ir. Hidayat Soegihardjo, MS sebagai anggota KKJTJ.

Sebagai informasi, Jembatan Samota  merupakan jembatan bertipe jembatan pelengkung atas beton dengan bentang utama sepanjang 80 m. Jembatan ini juga merupakan akses utama dari Kota Sumbawa Besar menuju sirkuit MXGP of Indonesia. MXGP of Indonesia merupakan agenda bergengsi dalam kalender motorsport internasional, yang dijadwalkan akan diselenggarakan pada 25-26 Juni 2022.


BERITA LAINNYA
...

Menteri Basuki : Membangun Infrastruktur, Mengelola Harapan Masyarakat yang Tinggi

...

Daftar Penerima Penghargaan PUPR Tahun 2018

...

Proyek Asian Games 2018 Kementerian PUPR Mendapatkan Penghargaan Khusus Indonesia Property Award 2018 Kategori Fasilitas Umum

...

Menteri Basuki Dorong REI Terus Tingkatkan Penyediaan Rumah MBR Terjangkau dan Berkualitas

...

Kementerian PUPR Raih Dua Penghargaan Anugerah Media Humas 2018

...

Jalan Tol Diharapkan Mempercepat Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat Bagian Selatan

...

Menteri Basuki : Perlu Terobosan Baru Dalam Mitigasi Bencana di Indonesia

...

Pekerja Konstruksi Wajib Miliki Sertifikat Kompetensi Kerja

...

Menteri Basuki Menerima Penghargaan Tokoh Pembangunan Infrastruktur Indonesia dari Majalah Property & Bank