Home Logo

Komisi V DPR RI Tinjau Pembangunan Infrastruktur PUPR di Provinsi Papua Barat


Jum'at, 03/08/2018 00:00:00 WIB |   Berita/Umum |   167

MANOKWARI – Dalam rangka mendukung pembangunan infrastruktur di Timur Indonesia, Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja (Kunker) pada Reses Masa Persidangan V Tahun Sidang 2017 – 2018 ke Provinsi Papua Barat. Kunker yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ibnu Munzir dilaksanakan pada tanggal 31 Juli – 1 Agustus 2018 di Manokwari, Papua Barat.

Kunker dimulai dengan peninjauan pembangunan rumah khusus (Rusus) untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Kampung Eggwam-Soribo Distrik Manokwari Barat. Sebanyak 25 unit rusus tipe 36 dibangun dengan anggaran TA. 2018 sebesar Rp 4,7 Miliar. Saat ini progres pembangunan sudah mencapai 14% dan ditargetkan selesai seluruhnya pada bulan Oktober 2018.

Rombongan Komisi V DPR RI kemudian melanjutkan perjalanan untuk meninjau ruas jalan Batas Kota Manokwari – Maruni – Oransbari yang merupakan bagian jalan dari Trans Papua di Provinsi Papua Barat. Ruas jalan yang menghubungkan Kab. Manokwari, Kab. Manokwari Selatan, Kab. Arfak dan Kab. Bintuni ini direhabilitasi agar dapat menunjang pertumbuhan ekonomi di koridor tersebut. Kegiatan rehabilitasi jalan yang menggunakan anggaran TA. 2018 sebesar Rp 9,5 Miliar saat ini progresnya sudah mencapai 67 % dan ditargetkan selesai pada bulan Oktober 2018.

Selanjutnya infrastruktur yang ditinjau adalah Instalasi Pengolahan Air Baku Manokwari di Distrik Amban yang sumber airnya adalah Sungai Maruni. Layanan air baku Manokwari ini mencakup Kota Manokwari yang meliputi wilayah Distrik Manokwari Utara, Manokwari Timur dan Manokwari Barat dengan kapasitas 40 liter/detik. Pembangunannya sudah dimulai sejak tahun 2011 dan saat ini sudah selesai dibangun. “Saya berharap infrastruktur ini dapat segera difungsikan agar masyarakat dapat merasakan manfaatnya semaksimal mungkin” tutur Sigit Sosiantomo, anggota Komisi V DPR RI yang ikut dalam rombongan.

Kunjungan kerja ditutup dengan mengunjungi lokasi kegiatan peningkatan kualitas permukiman kumuh kawasan Fanindi Pantai. Kegiatan difokuskan pada pembangunan infrastruktur guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pada TA. 2018 pembangunan Kawasan Fanindi Pantai meliputi pembangunan drainase dan talud pantai, pembangunan jalan perkerasan beton, peningkatan jalan, ruang terbuka hijau dan MCK. Pada kesempatan ini masyarakat yang tinggal di Fanindi Pantai menyampaikan harapannya agar Kementerian PUPR terus memberikan dukungan pada kawasan tempat tinggalnya agar kehidupan mereka menjadi lebih baik.

Turut hadir mendampingi rombongan Komisi V DPR RI adalah Kepala Pusat Air Tanah dan Air Baku Amir Hamzah, Kepala Balai Wilayah Sungai Papua Barat Elroy Koyari, Direktur Pembangunan Jalan Ditjen Bina Marga Ahmad Herry Marzuki, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan XVII Manokwari Yohanis Tulak Todingrara, Direktur Rumah Khusus Ditjen Penyediaan Perumahan Chris Robert Marbun, dan Kepala SubDit PLP Khusus Ditjen Cipta Karya Sarwono Rochmat.