Balikpapan-Samarinda Tersambung Tol 97,3 Km

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, serta sejumlah pejabat terkait lainnya, meresmikan Seksi I dan Seksi V Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Tol Balsam). Dengan diresmikannya dua seksi di Jalan Tol Balsam tersebut, maka jalan tol itu telah tersambung dan beroperasi penuh dari total lima seksi yang ada.

“Hari ini telah selesai seluruh ruas Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 97,3 km telah tuntas dikerjakan,” kata Jokowi di lokasi peresmian Gerbang Tol Manggar yang disiarkan secara virtual, Selasa 24 Agustus 2021.
 

Jokowi menilai hal ini juga menjadi sejarah, karena jalan tol ini adalah jalan tol yang pertama di Pulau Kalimantan. Rampungnya jalan tol ini disebut merupakan capaian yang patut disyukuri, sebagai penanda bahwa pembangunan infrastruktur tidak terpusat hanya di Pulau Jawa atau Sumatera saja, tetapi juga merata ke pulau-pulau yang lain. “Kita harapkan dengan adanya jalan tol ini akan menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru dan juga perbaikan jaringan logistik kita agar lebih baik, lebih efisien, dan lebih cepat,” ujarnya.

Dengan jaringan logistik yang lebih baik, Jokowi mengatakan bahwa pemerintah juga akan berupaya memperbaiki daya saing komoditas asli dalam negeri, terutama komoditas-komoditas yang diproduksi di Kalimantan Timur. Karena jika akses semakin lancar dan mampu menurunkan biaya logistik, maka tentu saja produk-produk ekspor dari Kalimantan Timur akan memiliki daya saing yang lebih tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.