Home Logo

Progres Perbaikan Jalan di Desa Sungai Gampa Asahi Batola


Rabu, 20/04/2022 09:00:00 WIB |   Berita/Umum |   419

PROGRES perbaikan dan pelebaran jalan nasional menghubungkan Banjarmasin-Marabahan di Desa Sungai Gampa Asahi, Kecamatan Rantau Badauh, Kabupaten Barito Kuala, kini terus meningkat. Pengaspalan dilakukan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kalimantan Selatan secara bertahap di sepanjang jalur kurang lebih 3 km, dan sisanya lagi masih pengerjaan timbunan dan pengerasan. Jalan yang telah diaspal yakni pada kilometer 20+367 hingga 22+781, dengan pengaspalan pertama atau ac base.
                                                                  
                                                                          Progres perbaikan Jalan Sungai Gampa Asahi, Kabupaten Barito Kuala.

Pengerjaan jalan di Desa Sungai Gampa Asahi sendiri merupakan bagian dari proyek Simpang Serapat Handil Bakti hingga Kandangan Kabupaten HSS. Mulai dikerjakan sejak Mei 2021 hingga Desember 2022. Paket rekonstruksi ini dikerjakan oleh PPK 2.2 Provinsi Kalimantan Selatan dengan nilai kontrak sekitar Rp 75 Miliar. Sebelumnya Jalan Sungai Gampa Asahi ini sempat menjadi momok bagi pengguna jalan yang melintas terutama bagi supir truk. Lantaran terdapat beberapa lubang besar di beberapa titik. Kerusakan jalan di sini diperparah lagi pada saat banjir Kalsel awal tahun 2021.

                                                                                                       

Akses jalan ini tentunya diperbaiki dan dilakukan peningkatan sesuai standar jalan nasional, yakni jalan yang sebelumnya hanya mempunyai lebar 4 meter, kini dilebarkan menjadi 11,5 meter. Rinciannya, badan aspal 7,5 meter, ditambah bahu jalan kiri dan kanan masing-masing 2 meter, dengan panjang 2,5 kilometer. Tito Purnomo selaku Kepala Satuan Kerja PJN II Kalsel, berharap perbaikan ini, masyarakat bisa merasa aman dan nyaman, hingga berdampak pada kegiatan produktif masyarakat.