Home Logo

Penggantian Jembatan Sungai Martapura


Senin, 18/04/2022 09:00:00 WIB |   Berita/Umum |   539

JEMBATAN Sungai Martapura atau dikenal dengan sebutan jembatan kembar, persis di samping Pondok Pesantren Darussalam Martapura, Kabupaten Banjar, dilakukan penggantian. Jembatan Sungai Martapura berada di Jalan A Yani, Kelurahan Pesayangan, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan.

Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kalimantan Selatan Melalui PPK 2.1 Provinsi Kalimantan Selatan melakukan penggantian Jembatan Sungai Martapura yang merupakan akses vital arus lalu lintas dari dan ke Banjarmasin-Hulu Sungai. Jembatan Sungai Martapura ini sebelumnya mengalami penurunan nilai struktur konstruksi yang menggunakan rangka Callender Hamilton (CH), seperti terlihat keretakan pada ujung oprit. Untuk itu pihak BPJN Kalsel melakukan perbaikan mulai bulan Oktober 2020 hingga diharapkan bisa selesai sesuai target akhir Desember 2021.

Dengan total dana sebesar Rp 15 miliar lebih yang berasal dari APBN TA 2020/2021 ini digunakan bukan hanya untuk penggantian jembatan dengan Girder Beton saja. Namun juga untuk pelebaran oprit arah Hulu Sungai dan arah Martapura yang sebelumnya menyempit dan berkelok tajam. Diharapkan dengan adanya penggantian konstruksi Jembatan Sungai Martapura ini nantinya dapat menunjang kegiatan produktif masyarakat.