Home Logo

Upaya Cegah Covid-19, BBPJN XVIII Jayapura Gelar Suntik Vaksin Influenza


Kamis, 04/06/2020 00:00:00 WIB |   Berita/Umum |   1054

Jayapura, 3-4 Juni 2020. Sebagai bentuk upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang kian meluas di Tanah Papua, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XVIII Jayapura menggelar suntik vaksin influenza.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XVIII Jayapura Ir. Osman H. Marbun M.MT menegaskan pentingnya dilakukan vaksinasi maupun pemberian vitamin bagi seluruh pegawai di lingkungan BBPJN XVIII Jayapura. “Protokol kesehatan juga harus selalu dipatuhi baik di lingkungan keluarga maupun lingkungan kerja, sudah semestinya tanpa ada Covid-19 pun kita diajarkan kembali untuk hidup bersih dan sehat,” ujar Osman di gedung aula BBPJN XVIII Jayapura.

Kegiatan suntik vaksin influenza digelar selama dua hari yang diikuti 250 orang pegawai, dengan menerapkan etika kesehatan yang dianjurkan, seperti penggunaan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Sebelum tahapan penyuntikan vaksin, diawali dengan pengukuran suhu tubuh, menimbang berat badan, pengukuran tensi, dan konsultasi medis oleh tim dokter.

Gejala awal infeksi virus Covid-19 bisa menyerupai gejala influenza seperti demam, pilek, dan batuk, sehingga pemberian vaksin influenza bertujuan untuk pembentukan antibody agar tubuh lebih siap berhadapan dengan penyakit, khususnya influenza, sehingga ketika seseorang terpapar penyakit influenza gejala yang timbul tidak separah orang yang tidak pernah melakukan vaksin influenza.

Semoga pandemi ini segera berlalu dan kita tetap semangat bekerja membangun Papua tercinta. (LT)