Home Logo

SEMARAKKAN HARI BAKTI PUPR KE-75 DI MASA PANDEMI, BPJN JAYAPURA GELAR BERBAGAI PERLOMBAAN DAN IKUTI UPACARA VIRTUAL DENGAN PROTOKOL KESEHATAN


Sabtu, 05/12/2020 00:00:00 WIB |   Berita/Umum |   489

Jayapura – Dalam rangka memperingati Hari Bakti PUPR ke-75 yang jatuh pada 3 Desember 2020, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Jayapura menyelenggarakan berbagai kegiatan dan perlombaan yang diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan BPJN Jayapura. Pelaksanaan berbagai kegiatan dan perlombaan di lingkungan BPJN Jayapura dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan COVID-19 mengingat pelaksanaan peringatan Hari Bakti PUPR ke-75 tahun ini dilakukan di masa pandemi COVID-19. Peringatan Hari Bakti PUPR ke-75 tahun ini mengusung tema “Bakti PUPR, Sigap Membangun Negeri".

Peringatan Hari Bakti PUPR ke-75 di lingkungan BPJN Jayapura diawali dengan pelaksanaan Upacara Pembukaan yang dilaksanakan di lapangan gateball Kantor BPJN Jayapura pada Jumat (27/11/2020) pagi. Upacara pembukaan ini dipimpin oleh Kepala BPJN Jayapura Edu M. P. Sasarari dan diikuti oleh para pejabat struktural, Kasatker dan PPK, serta para pegawai di lingkungan BPJN Jayapura. Para peserta mengikuti upacara pembukaan dengan tetap menjaga jarak, tidak bersentuhan, dan menggunakan masker. Terdapat prosesi pelepasan balon ke udara sebagai tanda dimulainya rangkaian acara peringatan Hari Bakti PUPR ke-75 di lingkungan BPJN Jayapura.

Rangkaian acara perlombaan dalam rangka memperingati Hari Bakti PUPR ke-75 dilaksanakan di lingkungan Kantor BPJN Jayapura mulai dari hari Jumat (27/11/20) setelah acara pembukaan hingga Selasa (01/12/20). Terdapat berbagai kegiatan yang dilombakan diantaranya  gateball, badminton, futsal, dan lomba memasak yang masing-masing diikuti oleh para pegawai di lingkungan BPJN Jayapura. Bagi anak-anak pegawai juga disediakan perlombaan dari berbagai kategori, mulai dari kategori Lomba Mewarnai untuk Paud/TK, Kategori Lomba Pasang Puzzle untuk anak-anak kelas 1-3 Sekolah Dasar, Kategori Lomba Memasukkan Pensil ke dalam Botol untuk anak-anak kelas 4-6 Sekolah Dasar, kategori Lomba Balap Kelereng untuk anak-anak kelas 4-6 Sekolah Dasar, dan yang terakhir kategori Lomba Makan Kerupuk untuk anak-anak kelas 1-6 Sekolah Dasar.

Upacara Virtual

Acara puncak peringatan Hari Bakti PUPR ke-75 dilaksanakan pada Kamis (03/12/2020) melalui keikutsertaan BPJN Jayapura dalam pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Bakti PUPR ke-75 Tahun 2020 secara virtual yang dipimpin oleh Menteri PUPR yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Pelaksanaan upacara dilakukan langsung dari Lapangan Sapta Taruna Kementerian PUPR dan diikuti secara virtual oleh seluruh balai di bawah Kementerian PUPR.

Dalam pidatonya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meminta seluruh insan PUPR untuk terus menjaga kekompakan dan kerjasama mengingat pembangunan infrastruktur tetap menjadi prioritas Kabinet Indonesia Maju (periode 2020– 2024) sesuai visi Presiden Joko Widodo. Menteri PUPR juga mengingatkan seluruh pimpinan dan jajaran PUPR untuk menjaga konsistensi, semangat dan kepercayaan masyarakat dengan memperlihatkan kinerja terbaiknya, terutama dalam memberikan perhatian pada kualitas belanja APBN.

Menteri PUPR menambahkan, memasuki tahun 2021 amanah dan kepercayaan yang diberikan kepada Kementerian PUPR semakin besar seiring dengan alokasi APBN yang terus meningkat. Alokasi anggaran yang dipercayakan tersebut akan digunakan untuk fokus penanganan program diantaranya untuk pengembangan lumbung pangan (Food Estate) di Kalimantan Tengah (Kalteng), Sumatera Utara (Sumut) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Kedua, untuk dukungan pengembangan Kawasan industri di Batang (Jateng) dan Subang (Jawa Barat). Ketiga, untuk dukungan pengembangan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Manado-Likupang). “Fokus program selanjutnya adalah Padat Karya Tunai (PKT) di seluruh wilayah Indonesia untuk mempertahankan daya beli dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat,” ujar Menteri PUPR.

Mengakhiri pidatonya Menteri PUPR berpesan agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan selama melaksanakan tugas-tugas di kantor maupun di lapangan. “Pada kesempatan ini saya juga ingin menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kinerja seluruh jajaran dan mitra kerja Kementerian PUPR pada tahun 2020 ini, mengingat sebagian besar target dan tugas pembangunan tetap berjalan terlepas dari masa sulit dalam masa pandemi COVID-19 yang terjadi sejak bulan Maret 2020,” tutur Menteri PUPR.

Setelah upacara virtual selesai, dilanjutkan dengan acara-acara hiburan yang dilaksanakan di halaman kantor BPJN Jayapura. Terdapat persembahan tarian Yosin Pancar yang dibawakan oleh sanggar tari Honong menambah kemeriahan acara peringatan Hari Bakti PUPR ke-75 di lingkungan BPJN Jayapura. Melalui kesempatan ini Kepala BPJN Jayapura Edu M. P. Sasarari dalam pidatonya juga menyampaikan pesan kepada seluruh pegawai di lingkungan BPJN Jayapura untuk meningkatkan kerjasama antar pegawai di lingkungan BPJN Jayapura, terlebih Tahun Anggaran 2020 akan segera berakhir dan selanjutnya akan masuk di Tahun Anggaran 2021 “Kedepan akan banyak tantangan dan persoalan yang harus kita hadapi bersama, oleh sebab itu Saya minta dengan sangat kepada kita semua untuk mau berkerja bersama-sama membangun tanah Papua yang kita cintai. Untuk pekerjaan Tahun Anggaran 2020 masih ada sisa waktu untuk kita selesaikan, kita tetap bekerja keras untuk mengejar target, ” ujar Kabalai.

Rangkaian Acara Peringatan Hari Bakti PUPR ke-75 di lingkungan BPJN Jayapura diakhiri dengan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba gateball, futsal, badminton, lomba kategori anak-anak, dan lomba memasak. Masih termasuk dalam rangkaian acara peringatan Hari Bakti PUPR ke-75, selanjutnya pada Sabtu (05/12/20) akan diadakan kegiatan penanaman pohon di Kp. Skouw Batas Ruas Jalan Hamadi – Holtekamp – Koya – Skouw. (RTS)