Home Logo

PELAKSANAAN REMOTE SURVEILEN I DAN SURVEILEN TIDAK TERJADWAL


Rabu, 29/09/2021 00:00:00 WIB |   Berita/Umum |   1123

Jayapura – Dalam rangka mempertahankan status akreditasi, maka Laboratorium Pengujian Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Jayapura yang melekat pada Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan  menyelenggarakan Surveilans Akreditas pada 28-29 September 2021. Suasana pandemi COVID-19, surveilans akreditasi dilakukan secara remote atau daring. Dua orang assessor ditugaskan Komite Akreditasi Nasional untuk menilai kesesuaian implementasi SNI ISO/IEC 17025:2017 pada laboratorium pengujian BPJN Jayapura. Ada 11 parameter yang masuk dalam ruang lingkup akreditasi antara lain pengujian Penetrasi, Titik Lembek, Daktilitas, Titik Nyala, Kuat Tekan Beton Kubus, Kuat Tekan Beton Silinder, Kuat Tarik Baja, Berat Jenis, Kadar Air, dan  Kuat Tekan Bebas Tanah Kohesif .

Surveilen akreditasi ini merupakan agenda rutin assesment laboratorium pengujian. Sebagai laboratorium pengujian, BPJN Jayapura harus mampu menunjukkan konsistensi penerapan SNI ISO/EIC : 17025 : 2017 Kosistensi penerapan ini telah ditunjukkan semenjak tahun 2014, melalui penerbitan Sertifikat Akreditasi Laboratorium Pengujian LP- 241 -IDN oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN)

Pembukaan kegiatan Surveilen tersebut dibuka langsung oleh Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Jayapura, Edu Sasarari, ST., MM dan menyampaikan arahan bahwa laboratorium BPJN Jayapura harus tetap mempertahankan status akreditas guna menyakinkan pelanggan bahwa apa yang dikerjakan atau dilakukan oleh laboratorium BPJN Jayapura sesuai dengan standar yang berlaku. Sehingga diharapkan hasil-hasil pengujian yang diperoleh dapat digunakan di lapangan baik sebagai desain awal atau pun sebagai alat control pengendalian pekerjaan di lapangan.

Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan, Vera  Kristianawati, ST., MT mengatakan dengan adanya surveilen tersebut, Laboratorium Pengujian Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Jayapura akan terus melakukan perbaikan, baik sistem atau pun personil, sehingga akan meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan khususnya di lingkungan BPJN Jayapura. (Christian - Ira)