Home Logo

Jelang Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-75, BPJN Jayapura Melaksanakan Pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM)


Sabtu, 15/08/2020 00:00:00 WIB |   Berita/Umum |   794

Jayapura, 14 Agustus 2020. Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik lndonesia Ke-75, BPJN Jayapura melaksanakan kegiatan pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM) kepada seluruh pegawai di lingkungan BPJN Jayapura, yang dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIT sampai dengan selesai. Kegiatan ini diselenggarakan BPJN Jayapura bekerja sama dengan Puskesmas Abepura untuk meningkatkan cakupan penemuan kasus baru Penyakit Tidak Menular (PTM) dengan kategori usia 15 tahun ke atas.

Kepala BPJN Jayapura, Edu Sasarari menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap  kesehatan dan kondisi tubuh yang dikhususkan kepada seluruh pegawai di lingkungan BPJN Jayapura agar lebih sehat dan produktif dalam bekerja.

“Kegiatan ini sangat positif bagi kita, karena kesibukan dalam bekerja, kita cenderung tidak memperhatikan kesehatan. Saya mengusulkan kedepannya kegiatan ini bisa dilakukan secara rutin”.

Kegiatan ini mendapat respon positif terlihat dari banyaknya pegawai yang mengikuti kegiatan pemeriksaan PTM ini. Dari data yang terhimpun, tercatat lebih dari 125 pegawai mengikuti kegiatan ini. Pemeriksaan diawali dengan registrasi yang dilanjutkan dengan pemeriksaan antropometri meliputi pengukuran tinggi dan berat badan, kemudian dilakukan pencatatan rekam medis dan pengukuran tensi, selanjutnya dokter akan menganalisa untuk pemeriksaan darah. Tahap berikutnya, pasien akan diarahkan menuju meja pengambilan sample darah untuk kemudian dilakukan pemeriksaan asam urat, kolesterol, dan gula darah sementara (GDS). Dari hasil pemeriksaan tersebut dokter akan memberikan resep dan obat jika dibutuhkan.

Pemeriksaan ini dilaksanakan di halaman kantor BPJN Jayapura dengan tetap menjaga protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menjaga jarak, dan menggunakan masker sesuai arahan Walikota Jayapura. (Riani)