Home Logo

HARBAK PUPR KE – 75, BPJN JAYAPURA LAKUKAN PENANAMAN POHON BERTEMA “PENGHIJAUAN PADA INFRASTUKTUR YANG BERKELANJUTAN”


Sabtu, 05/12/2020 00:00:00 WIB |   Berita/Umum |   946

Skouw - Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Jayapura mengadakan kegiatan penanaman pohon dengan tema “Penghijauan pada Infrastuktur PUPR yang Berkelanjutan”. Kegiatan ini termasuk dalam rangkaian kegiatan Peringatan Hari Bakti PUPR ke-75 di lingkungan BPJN Jayapura. Sesuai dengan temanya, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan penghijauan melalui penanaman pohon pada area infrastuktur yang berkelanjutan di lingkungan Kementerian PUPR. Kegiatan ini juga dilaksanakan di berbagai daerah di lingkungan kerja Kementerian PUPR yang dilakukan di area ruang milik jalan (rumija) ruas jalan nasional, Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) atau paket-paket lainnya dengan melibatkan partisipasi masyarakat setempat dan Ikatan Pensiunan Pekerjaan Umum (IPPU).

Kegiatan penanaman pohon yang dilakukan BPJN Jayapura berlokasi di ruas jalan nasional Hamadi – Holtekamp – Koya – Skouw tepatnya di Kampung Skouw yang berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini. Kegiatan ini dibuka secara simbolik oleh Kepala BPJN Jayapura, Edu Melki Paulus Sasarari S.T., M.M. dan dihadiri oleh Ondoafi Kampung Moso – Bts. RI PNG, Danramil Muaratami, Dansatgas Pamtas RI – PNG, Kapospol Perbatasan, Danpos RRI Satgas BAN, Danpos AL dan Pejabat serta Staf di lingkungan BPJN Jayapura.

Pada kegiatan kali ini, Kepala BPJN Jayapura menargetkan penanaman 1200 pohon yang tersebar di 3 (tiga) wilayah yakni Satuan Kerja PJN Wilayah I Jayapura sebanyak 500 pohon, Satuan Kerja PJN Wilayah VII Nabire sebanyak 500 pohon dan Satuan Kerja PJN Wilayah IX Biak Serui sebanyak 200 pohon.  Jenis pohon yang ditanam terdiri dari aneka pohon buah-buahan antara lain pohon matoa, mangga, jambu air, durian, kelengkeng, alpukat, duku, dan kenitu.

“Kami berharap masyarakat yang berdiam disekitar Kampung Skouw Batas dapat membantu merawat supaya tanaman ini dapat tumbuh dan menghasilkan buah yang pada akhirnya dapat memberikan nilai ekonomis kepada masyarakat yang ada disekitar,” ujar Kepala BPJN Jayapura saat memberikan sambutan di acara pembukaan kegiatan penanaman pohon.

Pada kesempatan ini Kepala BPJN Jayapura juga mengucapkan terima kasih kepada para mitra kerja yang sudah membantu memberikan bibit pohon dan menyukseskan kegiatan penanaman pohon kali ini. (Zuan)