Home Logo

Direktur Pembangunan Jembatan Tinjau Penanganan Jembatan di BPJN Jayapura


Rabu, 03/03/2021 00:00:00 WIB |   Berita/Umum |   1388

Direktur Pembangunan Jembatan Tinjau Penanganan Jembatan di BPJN Jayapura

Jayapura – Direktur Pembangunan Jembatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Ir. Yudha Handita Pandjiriawan, MT, MBA meninjau penanganan jembatan di lingkungan BPJN Jayapura Provinsi Papua pada Kamis (3/3/2021). Dalam kunjungan kerja ini, Direktur Pembangunan Jembatan beserta rombongan berkunjung langsung ke lokasi Jembatan Youtefa dan Jembatan Kali Buaya di bawah penanganan Satker PJN Wilayah I Provinsi Papua (Jayapura) dengan didampingi oleh Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Jayapura, Edu M.P. Sasarari S.T., M.M. serta Kepala Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah I Provinsi Papua (Jayapura) Asniaty, S.T.

Pada kunjungan ini Direktur Pembangunan Jembatan menyampaikan langsung kepada Kepala Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah I Provinsi Papua (Jayapura)  tentang pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan jembatan supaya jembatan bisa berfungsi secara optimal terlebih untuk jembatan yang baru selesai dikerjakan.

Usai melakukan kunjungan dan memantau kondisi jembatan, Direktur Pembangunan Jembatan beserta rombongan melanjutkan monitoring dan evaluasi di Aula Kantor BPJN Jayapura. Monev Paket Pekerjaan Jembatan diikuti oleh Pejabat Struktural, Kasatker dan PPK di Jayapura, sedangkan untuk wilayah Nabire dan Biak dilakukan secara virtula melalui aplikasi zoom.

Arahan Direktur Pembangunan Jembatan antara lain PPK sebagai penanggung jawab ruas harus selalu peduli terhadap kondisi-kondisi jembatan diruasnya. Diantaranya selalu melakukan pembersihan lingkungan disekitar jembatan. Kondisi lingkungan jembatan yang bersih akan memudahkan konsultan untuk melakukan survey kondisi jembatan sehingga hasil survey benar-benar menunjukan kondisi real di lapangan. Hasil survey kondisi jembatan harus divalidasi oleh Kasatker dan PPK terkait untuk selanjutnya dilakukan updating data jembatan ke aplikasi Invi-J.

Monitoring dan Evaluasi dilanjutkan paparan dari masing-masing Kasatker. Beberapa permasalahan dan kendala pelaksanaan di lapangan disampaikan dan mendapatkan arahan dari Direktur Pembangunan Jembatan. “Kepala Balai harus selalu aktif melakukan monitoring dan evaluasi sebagai salah satu upaya kontrol kinerja Satker PJN sehingga target pelaksanaan pekerjaan dan penyerapan anggaran dapat terealisasi dengan baik, tepat mutu dan tepat sasaran.” Tambah Direktur Pembangunan Jembatan.