Home Logo

BPJN Jayapura Kejar Pembangunan Ruas Jalan Lintas Perbatasan Ubrub - Towe Hitam - Oksibil


Kamis, 22/10/2020 00:00:00 WIB |   Berita/Umum |   1368

Jayapura, 10 Oktober 2020Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Jayapura, Edu M.P. Sasarari S.T., M.M. dalam kunjungan kerjanya, meninjau penanganan ruas jalan Ubrub – Towe Hitam – Oksibil yang merupakan ruas jalan lintas perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini di Provinsi Papua. Dalam kunjungan kerja ini, Kepala BPJN Jayapura didampingi oleh Kepala Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah I Provinsi Papua (Jayapura) Asniaty, S.T. dan PPK 1.4 Vinsensius Tua Sihotang, S.T. selaku penanggung jawab ruas.

Ruas jalan Ubrub – Towe Hitam – Oksibil juga merupakan ruas jalan yang menghubungkan wilayah Jayapura dengan Merauke. Penanganan Ruas Jalan Ubrub – Towe Hitam – Oksibil ini diharapkan dapat membuka akses ke daerah – daerah terisolir sehingga dapat menurunkan harga bahan pokok dan meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di 4 (empat) kabupaten yang berada di sekitar wilayah penanganan, yakni :

  1. Kabupaten Oksibil;
  2. Kabupaten Boven Digoel;
  3. Kabupaten Keerom;
  4. Kabupaten Merauke.

Kepala BPJN Jayapura Edu M.P. Sasarari S.T., M.M. menyampaikan kondisi ruas jalan Lintas Perbatasan sepanjang 1.098,24 kilometer belum tembus seluruhnya, saat ini kondisi jalan yang sudah terbuka sepanjang 919,16 kilometer dan sisanya sepanjang 179,08 kilometer masih tertutup hutan.

Sebagai bentuk komitmen BPJN Jayapura dalam menuntaskan penanganan di ruas jalan Lintas Perbatasan, terdapat 2 (dua) paket Kegiatan Tahun Jamak (MYC) yang ditangani oleh BPJN Jayapura dalam hal ini PPK 1.4 Satker PJN Wilayah I Provinsi Papua (Jayapura), antara lain : 

  1. Pembangunan Jalan Ubrub – Towe Hitam - Oksibil (MYC);
  2. Pembangunan Jalan Perbatasan Oksibil – Towe Hitam (MYC);

Pembangunan Ruas Jalan Lintas Perbatasan Ubrub – Towe Hitam – Oksibil akan dikerjakan dari 2 (dua) arah yaitu dari arah Jayapura melalui  paket Pembangunan Jalan Ubrub – Towe Hitam - Oksibil (MYC) mulai dari KM 229+680 sampai dengan KM 242+380 atau sepanjang 12,70 kilometer yang dikerjakan di Tahun Anggaran 2020 – 2021. Selanjutnya dari arah Oksibil melalui paket Pembangunan Jalan Perbatasan Oksibil – Towe Hitam (MYC) mulai dari KM 408+830 hingga KM 398+460 atau sepanjang 10,30 kilometer yang dikerjakan di Tahun Anggaran 2020 – 2022.

PPK 1.4 Vinsensius Tua Sihotang, S.T menyampaikan pembangunan jalan saat ini sudah dapat difungsionalkan sampai Distrik Towe Hitam Kabupaten Keerom, yang sebelumnya masih menggunakan penerbangan perintis, diharapkan pada program berikutnya sudah mencapai Kabupaten Pengunungan Bintang

Pembangunan Ruas Jalan Lintas Perbatasan di Provinsi Papua merupakan salah satu program prioritas BPJN Jayapura dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang selanjutnya diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan penduduk di Tanah Papua. (RTS & CNR)