Beranda > Tonggak Baru : BBPJN Jatim-Bali Tandatangani Kontrak E-Catalog

Berita Dibaca 242 kali
Tonggak Baru : BBPJN Jatim-Bali Tandatangani Kontrak E-Catalog

Pengadaan barang dan jasa merupakan suatu kegiatan untuk memperoleh barang atau jasa oleh suatu instansi pemerintah. Dalam perkembangannya, proses pengadaan barang dan jasa yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah juga mengikuti teknologi digital, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada pertengahan November 2021 yang lalu telah memperkenalkan Katalog Elektronik atau E-Katalog Sektoral Bidang Sumber Daya Air, Bina Marga, Cipta Karya dan Perumahan. Kehadiran E-Katalog sektoral ini diharapkan dapat mempercepat proses Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) yang terbuka dan akuntabel.

Adalah Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali yang telah menandai tonggak baru sebagai unit pelaksana teknis pertama yang telah menandatangani kontrak pengadaan barang dan jasa melalui E-Katalog Sektoral Bidang Sumber Daya Air, Bina Marga, Cipta Karya dan Perumahan. Penandatanganan kontrak-kontrak E-Katalog Sektoral tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor BBPJN Jawa Timur-Bali pada hari Senin (29/10), dimana terdapat sejumlah 13 paket pekerjaan senilai 32 Milyar Rupiah. Sebagian besar kontrak tersebut berkenaan dengan pekerjaan pemeliharaan jalan nasional yang tersebar di wilayah provinsi Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Kepala BBPJN Jawa Timur – Bali, Ir. Achmad Subki, MT., menjelaskan bahwa di lingkungan Direktorat Jenderal Bina Marga dan bahkan juga di lingkungan Kementerian PUPR ini baru BBPJN Jawa Timur – Bali yang melaksanakan penandatangan kontrak E-Katalog Sektoral tersebut. Achmad Subki menjelaskan bahwa penandatanganan kontrak melalui e-katalog ini merupakan implementasi dari himbauan presiden agar pengadaan barang jasa sektor PUPR bisa dilaksanakan dengan menggunakan teknologi digital tersebut.

Lebih lanjut, Achmad Subki menjabarkan bahwa pelaksanaan E-Katalog ini merupakan angin segar untuk kita semua karena proses pelaksanaannya yang lebih cepat dan efisien. “melalui E-Katalog (proses pengadaan barang dan jasa -red.) menjadi lebih praktis dan pekerjaan lebih pasti karena seperti pilih di took. Selain itu tahun-tahun ke depan, untuk paket-paket pemeliharaan akan diarahkan untuk dilaksanakan melalui E-Katalog ini”, imbuh Achmad Subki.