Beranda > Kesiapan BBPJN Jawa Timur – Bali Menjelang Nataru 2021

Berita Dibaca 273 kali
Kesiapan BBPJN Jawa Timur – Bali Menjelang  Nataru 2021

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur – Bali melakukan persiapan menyambut Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) untuk menjaga kemantapan jalan, serta memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan. Salah satunya membentuk sejumlah posko Siaga Sapta Taruna yang tersebar di ruas jalan nasional Provinsi Jawa Timur dan Bali.

Posko tersebut tersebar di beberapa lokasi antara lain : PJN Wilayah 1 Jawa Timur ada 7 posko, PJN Wilayah 2 Jawa Timur ada 6 posko, PJN Wilayah 3 Jawa Timur ada 6 posko, PJN Wilayah 4 Jawa Timur ada 6 posko dan SKPD Jawa Timur ada 1 posko. Nantinya di setiap posko telah dilengkapi dengan sejumlah alat berat yang siap di mobilisasi setiap saat selama 24 jam pada lokasi yang sedang terjadi bencana. 

Posko Siaga Sapta Taruna menghadapi Nataru pada tahun ini merupakan upaya untuk melayani pengguna jalan yang dibnetuk oleh Kementerian PUPR melalui Ditjen Bina Marga.

Posko-posko tersebut ditujukan untuk memantau kondisi jalan nasional saat Nataru, serta dapat digunakan oleh penguna jalan sebagai tempat alternatif untuk istirahat yang aman dan nyaman disaat melakukan perjalanan jauh. Selain itu Posko Siaga Sapta Taruna sebagai tempat koordinasi antara pihak untuk memantau kondisi jalan atau lalu lintas.

Terkait dengan kemantapan Jalan nasional di Jawa Timur saat ini lebih dari 92%  dalam status mantap. Adapun rute jalur Nataru 2021 di Propinsi Jawa Timur terdapat tiga jalur utama yang meliputi Jalur Lintas Utara, Lintas Tengah dan Lintas Selatan.

Jalur Lintas Utara atau yang disebut dengan Pantura yang meliputi jalan nasional Bulu, Tuban, Lamongan, Pasuruan hingga Banyuwangi sepanjang 547,27 Km. Jalur Lintas Tengah sepanjang 274,68 Km meliputi Mantingan, Ngawi, Nganjuk, Jombang hingga Waru (Sidoarjo). Dan Jalur Lintas Selatan yang meliputi Pacitan, Tulungagung, Turen hingga Banyuwangi sepanjang 498,47 Km.