Beranda > Berbagi Ilmu Di SMKS Suramadu

Berita Dibaca 30 kali
Berbagi Ilmu Di SMKS Suramadu

Gambar : kepala Satker Preservasi Jalan Bebas Hambatan Jembatan Suramadu Herlambang Zulfikar, ST.,M.MT. saat mendampingi peserta diruang monitor SMKS


Saling berbagi ilmu dan pengalaman tentunya tak mengenal usia dan profesi, terutama pengetahuan yang telah di dapat di kelas untuk di implementasikan dilapangan. Sehingga dapat memberikan pemahaman baru dan solusi – solusi dari dari permasalahan yang ada.

Kamis (24/3) sejumlah mahasiswa Magister Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung yang bekerjasama dengan Kementerian PUPR,  mengadakan karyasiswa di jembatan Suramadu. Kunjungan singkat tersebut disambut hangat oleh kepala Satker Preservasi Jalan Bebas Hambatan Jembatan Suramadu Herlambang Zulfikar, ST.,M.MT.

Saat di temui di sela acara kunjungan tersebut, Herlambang menyampaikan dengan adanya kunjungan karyasiswa tersebut dapat memberikan gambaran secara umum, bagaimana monitoring dan pemantuan Sistem Monitoring Kesehatan Suramadu (SKMS Suramadu) dilakukan, termasuk pemeliharan fisik baik dari bangunan atas dan bangunan bawah Suramadu.

Hal senada juga diungkap oleh PPK Preservasi Jalan Bebas Hambatan Jembatan Suramadu 1, Benny Kurniawan, ST.MT, dalam kunjungan lapangan tersebut nantinya para peserta akan diperkenalkan dengan monitoring secara umum, terutama terkait dengan sensor – sensor yang ada di Suramadu. “ nantinya para peserta dapat melihat monitoring secara kesuluruhan, nah monitoring ini meliputi pengenalan sensor, fungsi sensor, dan pembacaan hasil dari sensor tersebut.” Ungkap Benny.

Tak hanya pengenalan sensor serta fungsinya, dalam kesempatan yang sama para peserta diajak melihat struktur bangunan bawah jembatan Suramadu yang berada disisi Surabaya, Tugiman selaku PPK Preservasi Jalan Bebas Hambatan Jembatan Suramadu 2 mengatakan dalam kunjungan tersebut, beliau juga menjelaskan secara singkat bagaimana pemeliharan dan tingkat kesulitan, baik dari bangunan atas maupun bangunan bawah jembatan.

“Kunjungan mahasiswa S2 dari ITB untuk melihat kondisi jembatan Suramadu dapat memahami bagaimana perawatan pada bangunan atas dan bangunan bawah jembatan.” Ungkap Tugiman. Selain itu Tugiman juga menjelaskan proteksi kepada peserta apa saja yang sudah dilakukan pada tiang pancang. Dalam kunjungan diharapkan mampu membawa dampak positif serta ide - ide baru tentang inovasi dalam pembangunan maupun pemeliharaan jembatan.