Beranda > BBPJN Jatim-Bali Sosialisasikan Aplikasi Jalan Kita 2.0

Berita Dibaca 282 kali
BBPJN Jatim-Bali Sosialisasikan Aplikasi Jalan Kita 2.0

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali menyelenggarakan sosialisasi Aplikasi Jalan Kita (JAKI) 2.0 yang dilaksanakan di Denpasar, Bali.. Sosialisasi yang berlangsung selama dua hari, 22-23 Juni 2022 ini dibuka oleh Kepala Bidang Preservasi II, Ir. Roby Abipramono, MT.

Dalam sambutannya, Roby menyampaikan bahwa acara ini terselenggara sebagai penjabaran tugas dan fungsi dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur-Bali khususnya pada Bidang Preservasi II yaitu pengendalian pelaksanaan penilikan jalan dan jembatan. 

“Pelaksanaan penilikan itu sendiri tentunya harus mengacu pada Peraturan Menteri PUPR No 13 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pemeliharaan Dan Penilikan Jalan, dimana pelaporan atas hasil pengamatan penilik disampaikan secara tertulis kepada Balai atau Bidang Preservasi II paling lambat tanggal 10 (sepuluh) setiap bulan.”, jelas Roby.

Dengan adanya Aplikasi JAKI 2.0, para penilik jalan dan juga masyarakat umum sebagai pengguna jalan nasional, dapat melaporkan kondisi jalan yang rusak kepada pihak penyelenggara jalan nasional secara terintegrasi serta terstruktur dan dilengkapi dengan informasi yang utuh sebagai dasar pihak penyelenggara jalan melakukan tindakan perbaikan jalan yang diperlukan. 

“Harapannya dengan adanya sistem informasi JAKI 2.0, BBPJN Jawa Timur- Bali mendapatkan data dan informasi pelaksanaan operasi dan pemeliharaan jalan nasional yang aktual, akurat, transparan, dan akuntabel.”, imbuh Roby. 

Aplikasi Jalan Kita 2.0 adalah aplikasi pelaporan kondisi ruas jalan & jembatan nasional yang dipakai di lingkungan Direktorat Jenderal Bina Marga. Aplikasi tersebut digunakan untuk mempermudah masyarakat melaporkan kondisi ruas Jalan & Jembatan Nasional yang mengalami kerusakan, dan kemudian di respon oleh PPK dan di verifikasi oleh PPK atau Penilik.

Aplikasi Jalan Kita (JAKI) 2.0 merupakan pengembangan terkini dari aplikasi JAKI 1.0 yang telah diluncurkan sebelumnya. Aplikasi JAKI 2.0 memiliki fitur-fitur baru yang terintegrasi dengan ArcGIS, Google Maps dan Bravo PUPR. Aplikasi JAKI 2.0 dikembangan menjadi dua versi , yaitu Mobile Apps yang dapat di pakai di Android atau IOS dan Webbase Application.