Beranda > BBPJN Jatim – Bali Gelar Upacara Memperingati Hari Bakti PU ke – 76

Berita Dibaca 185 kali
BBPJN Jatim – Bali Gelar Upacara Memperingati Hari Bakti PU ke – 76

Setiap tahunnya, pada tanggal 3 Desember menjadi tanggal sakral bagi seluruh insan kementerian PUPR.  Peristiwa ini mengenang sejarah pertempuran sengit di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat. Dengan sejarah panjang yang dimiliki tentunya tak lepas dari 7 tokoh yang gugur yang hingga kini nama – nama mereka masih diabadikan hingga saat ini.

Saat ini jumat 3 Desember 2021 tepatnya 76 tahun yang lalu, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur – Bali  menggelar upacara guna Memperingati Hari Bakti PUPR ke – 76.  yang diselenggarakan di halaman kantor BBPJN Jatim – Bali.

Upacara yang dipimpin oleh Amir Hamzah, ST., MT. Kepala Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah VI Surabaya diikuti oleh 150 peserta. Amir saat membacakan sambutan Menteri PUPR menyampaikan bahwa ucapan terima kasih kepada insan PUPR, yang telah bekerja keras penuh dedikasi dalam melaksanakan tugas membangun infrastruktur di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut dalam sambutan tersebut,kementerian PUPR pada tahun 2021 telah menyelesaikan pembangunan 15 bendungan dimana 11 bendungan telah selesai dan diresmikan Presiden Joko Widodo, antara lain Bendungan Tugu, Gongseng, Bendo, Kuningan, Paselloreng, dan Karalloe. Pembangunan bendungan tentunya akan dilanjutkan dengan pembangunan jaringan irigasi, jaringan air baku, pengendalian banjir, dan pembangkit energi, sehingga keberadaan bendungan dapat dimanfaatkan optimal bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sedangkan pembangunanjalan hingga akhir Novenber 2021 telah menuntaskan 101 Km dari target 190 Km jalan toll. pembangunan jalan nasional perbatasan di Kalimantan, Papua, dan NTT dengan total panjang 3.628 km yang akan tersambung sepanjang 3.404 km pada akhir 2021 dan diharapkan dapat tersambung seluruhnya pada akhir tahun 2024. Tak hanya itu

pengembangan 5 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, kita telah melaksanakan pembangunan Jalan Lingkar Samosir, Penataan Kawasan Borobudur, Penataan Kawasan Labuan Bajo, antara lain: Puncak Waringin dan Goa Batu Cermin, serta Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok-Mandalika yang telah turut mendukung penyelenggaraan World Super Bike (WSBK) 2021 beberapa waktu lalu.

Serta Program Padat Karya Tunai Tahun 2021 dengan anggaran sebesar Rp23,2 Triliun juga telah dilaksanakan hingga pelosok yang membantu membuka lapangan kerja bagi 1,2 juta orang yang membutuhkan.

Menteri Basuki juga menekankan kualitas infrastruktur harus benar-benar ditingkatkan, karena tuntutan dan harapan publik yang semakin tinggi dan besar terhadap Kementerian PUPR, serta Upaya mewujudkan infrastruktur berkualitas harus dimulai dari tahap perencanaan, pelelangan, hingga pelaksanaan. Untuk pengawasan dalam pelaksanaan, harus dilakukan secara intensif dan berjenjang dengan mengoptimalkan peran dan fungsi pembinaan teknik, unit kepatuhan intern dan auditor, serta para konsultan pengawas di lapangan sehingga lebih akuntabel, efisien, dan mutu pekerjaan dapat dijamin dan mengikuti kaidah – kaidah Green Infrastruktur.