Beranda > BBPJN Jatim – Bali Bangun Shortcut Yeh Otan

Berita Dibaca 339 kali
BBPJN Jatim – Bali Bangun Shortcut Yeh Otan

Dengan tujuan mengutamakan keamanan dan kenyaman, serta memberikan pelayanan prima kepada masyarakat merupakan hal yang paling diperhatikan setiap kali melakukan preservasi jalan dan jembatan. Setiap pembangunan infrastruktur juga memperhatikan seberapa besar manfaat yang dapat diberikan kepada masyarakat. Sehingga tidak ada lagi pembangunan infrastruktur yang terbengkalai.

Ruas jalan Antosari – Bts. Kota Tabanan yang merupakan ruas jalan nasional, lintas selatan yang menghubungkan pelabuhan Gilimanuk di barat pulau Denpasar dengan pelabuhan Padang Bai di timur pulau Bali. Jalur tersebut sering kali dilewati kendaraan pengangkut dengan tonase berat.

Bagi sopir kendaraan besar dengan muatan berat melewati ruas jalan tersebut bukan perkara yang mudah, butuh kehati-hatian, kesabaran serta kemampuan untuk “momong” truknya supaya tidak mogok saat menanjak. Mengingat jalur tersebut memiliki tanjakan serta tikungan tajam. sering kali kendaraan besar tersebut tak kuat menanjak dan mogok saat ditanjakan sehingga menimbulkan kemacetan dan membahayakan pengguna jalan lainnya.

Sebelumnya sudah ada 3 shortcut jembatan yang telah dibangun disepanjang ruas tersebut, shortcut Tukad Yeh Nusa, Shortcut Tukad Yeh Ho, dan Shortcut Tukad Yeh Lambuk Satuan kerja PJN Wilayah 1 Provinsi Bali, guna mengurangi angka kecelakaan dan mengurai kemacetan akibat truk mogok yang tak kuat menanjak.

Ditahun anggaran 2021 Balai Besar Jalan Nasional Jawa Timur – Bali melalui PPK 1.2 Prov Bali ( Cekik – Bts Kota Negara – Antosari – Tabanan – Pekutatan ) melakukan pembangunan jembatan Shortcut Denpasar – Gilimanuk ( Tk. Yeh Otan ).

Pembangunan Shortcut Tk. Yeh Otan bukan tanpa alasan sebab pada ruas di KM 39+500 terdapat tikungan yang berdampak pada pengurangan kecepatan, serta jalan yang menanjak dengan kelandaian yang besar serta adanya tikungan dengan jari – jari yang kecil.

A.A Yoni Sathia Puspadewi, ST PPK .2 Prov Bali ( Cekik – Bts Kota Negara – Antosari – Tabanan – Pekutatan ) menjelaskan pembangunan jembatan Shortcut merupakan upaya untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan dapat terpenuhi. “kalau kita melewati ruas tabanan, kan jalurnya berkelok-kelok tuh belum lagi tanjakannya lumayan tinggi, sering truk-truk tak kuat nanjak, nah nanti akan dibangun jembatan shortcut yang melewati Tk. Yeh Otan.” Ungkap Yoni.

Pembangunan shortcut Yeh Otan menelan biaya Rp. 59.474.469.000; menggunakan sumber dana APBN, nantinya jika sudah rampung pembangunannya, jembatan Shortcut akana memiliki panjang jembatan 227 meter dengan jalan pendekat di dua sisi jembatan 420 meter. “ Untuk lokasi pekerjaan lebih tepatnya di KM 39+050 sampai 40+225 dengan masa pelaksanaan 420 hari kalender.” Jelas Yoni

Yoni berharap pembangunan Shortcut jembatan tersebut tidak mengalami kendala berarti dan diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna jalan dengan fasilitas jalan yang ada. “saya harap kedepan setelah jembatan shortcut sudah selesai dibangun, dapat mengurangi angka kecelakaan dan yang terpenting mampu memberi kenyamanan dan keamanan pengguna jalan,” tutup Yoni.