Beranda > Alami Penurunan Permukaan, Hati-Hati Lewati Jembatan Plaosan

Berita Dibaca 121 kali
Alami Penurunan Permukaan, Hati-Hati Lewati Jembatan Plaosan

Para pengendara yang hendak melewati ruas jalan Widang – Batas Kota Lamongan, diharapkan untuk berhari-hati dan memperhatikan rambu-rambu yang terpasang. Pasalnya, Jembatan Plaosan yang terletak di Babat, Lamongan mengalami penurunan permukaan.

Penurunan permukaan yang dialami Jembatan Plaosan ini terjadi pada hari Kamis dini hari (03 November 2022) pukul 23.50 WIB. Penurunan terjadi setelah sebuah truk besar dengan muatan berlebih melewati tanjakan oprit jembatan dengan dengan kecepatan sangat rendah.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Dari hasil inspeksi tim PPK 4.5 Provinsi Jawa Timur diketahui adanya kerusakan pada segmen tengah bagian plat sembatan sepanjang 7,14 meter pada sisi bagian tengah jalan. Diduga, kerusakan terjadi akibat adanya girder yang terlepas dari tumpuan sehingga plat lantai jembatan mengalami kerusakan.

Untuk sementara waktu pada bagian jembatan yang rusak tersebut ditutup menggunakan plat besi, dan diberlakukan buka tutup secara bergantian untuk kendaraan yang melintas dari arah Surabaya. 

Secara teknis, Jembatan Plaosan memiliki panjang 11 meter dengan lebar 23 meter. Adapun konstruksi jembatan yang terletak di ruas jalan Widang/Belahan – Batas Kota Lamongan Km KM. Sby ini bertipe Girder Cor Setempat.