Home Logo

Pameran Nasional Hari Bakti ke 74 Tahun Kementerian PUPR Digelar Serentak di 18 Kota Indonesia


09 Desember 2019 |   Berita/Umum |   1390

Hari Bakti Kementerian PUPR diperingati setiap 3 Desember. Berbagai kegiatan digelar untuk menyambut suka cita hari jadi Kementerian tercinta. Bukan hanya sebagai pengingat terbentuknya kementerian ini melalui event yang menghibur tetapi momen besar untuk mempromosikan capaian kinerja kementerian ini ke masyarakat dengan tema Sigap Membangun Negeri untuk Indonesia Maju.

Momen ini diwujudkan melalui Pameran Nasional Kementerian PUPR yang digelar secara serempak di 18 kota pada tanggal 1-7 Desember 2019 yang tersebar di seluruh Indonesia dengan menampilkan foto-foto infrastruktur yang telah terbangun. Pameran yang diselenggarakan di public space seperti di Mall, Bandara dan lokasi strategis lainnya ini diharapkan dapat menarik masyarakat untuk berkunjung. Beberapa pameran yang diselenggarakan di bandara seperti di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, Bandar Udara Internasional Hasanuddin di Makassar.

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII (BBPJN VII) menggelar dua pameran yaitu di Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta. Di Jawa Tengah digelar di Kota Semarang tepatnya di Lantai 1 Hall B, DP Mall. Untuk pameran di Semarang ini dalam penyelenggaraannya, BBPJN VII bekerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah, serta Politeknik Pekerjaan Umum Semarang. Sedangkan di D.I.Yogyakarta digelar di Sleman City Hall bekerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak.

Kegiatan pameran foto di Sleman dilaksanakan pada tanggal 2-8 Desember 2019 dan secara resmi dibuka oleh Kepala BBPJN VII pada 3 Desember 2019. Akhmad Cahyadi berharap agar pameran ini dapat menjadi sarana untuk mendekatkan masyarakat dengan Kementerian PUPR sehingga masyarakat dapat mengetahui kinerja Kementerian PUPR selama lima tahun terakhir.

Selama seminggu pelaksanaan sebanyak 383 orang mengunjungi booth Kementerian PUPR dengan antusias melihat dokumentasi infrastruktur hasil karya anak bangsa. Infrastruktur yang ditampilkan adalah hasil pembangunan di seluruh Indonesia berupa jalan baru, jalan tol, jembatan gantung, fly over, underpass dan jembatan khusus, penataan kawasan kumuh dari program KOTA KU, pengolahan air, dan renovasi stadion serta masjid, pembangunan rumah khusus untuk masyarakat berpenghasilan rendah, pembangunan pos batas negara, penataan kawasan strategis pariwisata nasional, bendungan, dan sebagainya.

Di booth Kementerian PUPR di Kota Semarang para pengunjung dapat berfoto selfie dengan replika sosok Bapak Presiden RI Joko Widodo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Kedua sosok ini rupanya cukup mencuri perhatian pengunjung.

Pengunjung juga diminta menuliskan kritik, saran maupun kesan tentang Kementerian PUPR. Berbagai apresiasi dan dukungan disampaikan melalui torehan tulisan para pengunjung untuk Kementerian PUPR.

“Infrastruktur Indonesia Hebat! Semoga bertambah maju ke depannya, semakin memajukan perekonomian rakyat Indonesia, memudahkan akses pelayanan ke seluruh pelosok negeri” tulis Nia.

“Saya berharap Kementerian PUPR lebih maju lagi, lebih efisien dalam mengelola keuangan supaya tercipta pembangunan yang lebih baik lagi” saran Budi.

Bukan itu saja, pengunjung juga berkesempatan untuk mengunggah video ucapan untuk Hari Bakti Kementerian PUPR di media sosial. Pengunjung yang beruntung mendapatkan souvenir berupa tumbler, gantungan kunci dan pulpen. (LU/CK)