Home Logo

Optimis Jembatan Rembun Selesai Lebih Cepat


03 Maret 2021 |   Berita/Umum |   1483

Target penyelesaian penggantian Jembatan Rembun II diprediksi bisa lebih cepat. Hal ini disampaikan oleh PPK 1.2 Provinsi Jawa Tengah, I Nyoman Yasmara di Rembun, Selasa, 2 Maret 2021 bahwa per tanggal 2 Maret  2021 progress pekerjaan sudah mencapai 80%.

“Dari target awal yang kita rencanakan 45 hari selesai 21 Maret 2021 mudah-mudahan bisa kita percepat lagi paling tidak di pertengahan maret bisa selesai. Setelah umur beton akan kita laksanakan pengujian pembebanan yaitu uji dinamis yang akan dilaksanakan dari Balai Jembatan dari Pusat,” ujar Yasmara.

Beberapa tahapan yang krusial telah terlewati dengan baik seperti proses pembongkaran baja eksisting yang dilaksanakan di tengah kondisi cuaca hujan bahkan air sungai naik sehingga PPK 1.2 Provinsi Jawa Tengah menyiapkan perkuatan di jembatan. Tahapan krusial lainnya yang telah terlaksana yaitu penginstalan rangka baja yang baru dalam waktu 12 hari (lebih cepat dari target 25 hari). Tahap pengecoran plat lantai telah selesai pada tanggal 27 Februari 2021. (LU)

Saat di jembatan sedang berlangsung pekerjaan pengecoran trotoar, pekerjaan jalan pendekat jembatan yang akan dilanjutkan dengan pekerjaan minor lainnya seperti pengecatan railing jembatan, pembersihan jembatan, parapet dan lain-lain.

Seperti kita ketahui bahwa Jembatan Rembun II memerlukan penggantian jembatan akibat adanya amblasan di jembatan yang terjadi pada tanggal 4 Februari 2021 yang lalu. Jembatan eksisting merupakan jembatan dengan tipe Callender Hamilton yang dibangun tahun 1977 dan sudah waktunya dilakukan penggantian rangka. Kondisi pondasi abutmen jembatan setelah dilakukan pengujian kekuatan masih memenuhi masih layak untuk digunakan.