Home Logo

PU-Net

01-12-2022             SARAN & PENGADUAN

Pengumuman :

Wilan Kunjungi TMII, Pastikan Hasil Kinerja Balai Tepat Waktu dan Tepat Mutu



Jawa Barat, 17 September 2022 13:26 Wib


Wilan Kunjungi TMII, Pastikan Hasil Kinerja Balai Tepat Waktu dan Tepat Mutu

Wilan Kunjungi TMII, Pastikan Hasil Kinerja Balai Tepat Waktu dan Tepat Mutu


Bandung, 17 September 2022 - Kepala BBPJN DKI Jakarta - Jawa Barat, Wilan Oktavian didampingi para Kepala Bidang dan Kepala Satuan Kerja di lingkungan BBPJN DKI Jakarta - Jawa Barat meninjau hasil pekerjaan penataan jalan lingkar luar Kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta, Jumat (16/9/2022) yang telah rampung di bulan Agustus lalu.

Penataan jalan lingkar luar kawasan TMII sepanjang 5,5 kilometer oleh BBPJN DKI Jakarta - Jawa Barat melalui PPK 1.5 Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah I Provinsi Jawa Barat, merupakan salah satu dukungan dalam rangka mensukseskan ajang Presidensi G20 di bulan November mendatang.

Wilan Oktavian meninjau hasil pekerjaan tersebut untuk memastikan bahwa setiap segmen pengerjaan jalan lingkar luar kawasan TMII tersebut hasilnya sesuai dengan perencanaan serta tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran.

Selain meninjau kemantapan jalannya, Wilan juga meninjau aspek pendukung lainnya seperti drainase, trotoar yang dilengkapi dengan bangku/kursi serta tempat sampah yang artistik dengan tujuan menambah kenyamanan para pengunjung.

Andy Suryanto selaku PPK 1.5 PJN Wilayah I Jawa Barat yang turut hadir mendampingi Kepala Balai, menjelaskan bahwa Kepala Balai saat meninjau hasil pekerjaan penataan jalan lingkar luar kawasan TMII menyampaikan apresiasinya kepada tim Satker PJN Wilayah I Provinsi Jawa Barat, khususnya tim dari PPK 1.5.

Beliau menyampaikan rasa bangga dan mengapresiasi hasil kinerja TMII ini, karena pekerjaan telah  diselesaikan dengan baik serta memberikan catatan agar Penyedia Jasa melaksanakan program pemeliharaan yang sudah disusun sampai dengan masa serah terima akhir pekerjaan. Kepala Balai juga meminta untuk berkoordinasi dengan Pengelola TMII agar ikut menjaga dan memelihara terutama saat nanti TMII sudah dibuka untuk masyarakat umum”, tutur Andy (16/09/2022).

Harapan ke depan adalah Kawasan TMII semakin menunjukkan sebagai kawasan taman wisata yang merangkum ragam dan Jendela Budaya Indonesia yang memberikan ruang interaksi. kolaborasi dan perayaan keberagaman di Indonesia. Pekerjaan yang telah kita lakukan di TMII ini, selain mengutamakan kualitas mutu, juga memprioritaskan fasilitas bagi kaum difabel dengan menerapkan pedestrian yang lebar dan tidak terputus, dan terdapat Guiding Block (Jalur Pemandu). Pekerjaan juga mengutamakan beautifikasi/keindahan serta penambahan ruang terbuka hijau dengan penanaman rumput serta berbagai jenis semak/perdu”, ungkap Andy.

Kegiatan renovasi TMII ini sebagai upaya untuk merawat bangunan lama yang bersejarah dan menjadikannya sebagai ikon baru kebanggaan Indonesia. Seperti halnya renovasi kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) yang sudah dilakukan Kementerian PUPR pada 2018 lalu dalam rangka persiapan Asian Games XVIII di Jakarta.

Kegiatan renovasi TMII dilaksanakan dalam 3 zona dengan total anggaran sebesar Rp1,08 triliun. Zona 1 dengan tema Indonesia Klasik 'elegan dan geometri' di antaranya penataan area gerbang utama, renovasi koridor utama Sasono, Plaza Utara dan Selatan, Plaza Gadjah Mada, Tugu Pancasila, Keong Mas, Sasono Utomo, Sasono Langgeng Budoyo, Sasono Adiguno, Museum Indonesia, dan Lantai 1 gedung pengelola sebagai gerai UMKM. Zona 2 dengan tema Arsitektur Nusantara, Tradisi, dan Budaya Sulur di antaranya penanganan jalan dan pedestrian kawasan lingkar dalam, Plaza Boulevard Nusantara, Amphiteater, dan Promenade keliling Danau Archipelago. Zona 3 dengan tema Indonesia Kini Modern diantaranya penanganan jalan dan pedestrian kawasan lingkar luar. 
 
 
 

Baca Juga :