Home Logo

PU-Net

30-11-2022             SARAN & PENGADUAN

Pengumuman :

Upacara Hari Bakti PU Ke-76 : Bakti PUPR, Sigap Membangun Negeri



Jawa Barat, 03 Desember 2021 10:33 Wib


Upacara Hari Bakti PU Ke-76 : Bakti PUPR, Sigap Membangun Negeri

Upacara Hari Bakti PU Ke-76 : Bakti PUPR, Sigap Membangun Negeri


BBPJN DKI Jakarta – Jawa Barat mengikuti kegiatan upacara Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-76 bersama 21 unit kerja di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum danPerumahan Rakyat Wilayah Jawa Barat pada hari Jumat, 3 Desember 2021 bertempat di Kampus Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan Kota Bandung.
 
Upacara Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-76 dipimpin langsung oleh Ir. H. Ruhban Ruzziyatno, M.T, Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Air dan Permukiman selaku Inspektur Upacara, dan Heri Rusyana, S.ST., MAP, Ketua Pendamping Pelaksanaan Pelatihan Pengembangan Kompetensi Bidang Jalan selaku Komandan Upacara.
 
Dalam pembacaan sambutannya, Rubhan Ruziyanto menyampaikan capaian-capaian tugas yang telah dilaksanakan oleh Kementerian PUPR, dimana pekerjaan tersebut tidaklah mudah apalagi dikerjakan disaat pandemi Covid-19 yang tengah melanda.
 
Tahun 2021 ini, PUPR telah berhasil menyelesaikan pembangunan 15 bendungan, dimana 11 bendungan telah selesai dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, antara lain Bendungan Tugu, Gongseng, Bendo, Kuningan, Paselloreng, dan Karalloe.

Di bidang pembangunan jalan, hingga November 2021 Kementerian PUPR telah menuntaskan pembangunan dan mengoperasikan 101 km dari target 190 km jalan tol. InsyaAllah diakhir tahun 2021 target tersebut bisa tercapai. Dengan demikian total panjang jalan tol operasional di Indonesia hingga akhir tahun 2021 nanti menjadi 2.529 km.
 
Kementerian PUPR juga meneruskan pembangunan jalan nasional perbatasan di Kalimantan, Papua, dan NTT dengan total panjang 3.628 km yang akan tersambung sepanjang 3.404 km pada akhir 2021 dan diharapkan dapat tersambung seluruhnya pada akhir tahun 2024.
 
Dalam mendukung pengembangan 5 (lima) Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, Kementerian PUPR telah melaksanakan pembangunan Jalan Lingkar Samosir, Penataan Kawasan Borobudur, Penataan Kawasan Labuan Bajo, antara lain Puncak Waringin dan Goa Batu Cermin, serta Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok- Mandalika yang turut mendukung penyelenggaraan World Superbike (WSBK) 2021 beberapa waktu lalu.
 
Program Padat Karya Tunai Tahun 2021 dengan anggaran sebesar Rp23,2 Triliun juga telah dilaksanakan hingga pelosok yang membantu membuka lapangan kerja bagi 1,2 juta orang yang membutuhkan.
 
Di tahun 2022, amanah dan kepercayaan yang diberikan kepada Kementerian PUPR semakin besar. Kementerian PUPR perlu terus merapatkan barisan dan meningkatkan kekompakan mengingat adanya tugas-tugas baru, antara lain persiapan KTT G-20 di Bali, penataan Kawasan Mandalika menyongsong Moto GP 2022, renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), pembangunan Papua Youth Creative Hub di Papua dan juga pembangunan Ibukota Negara di Kalimantan Timur sambil menunggu undang-undangnya disahkan.
 
Di akhir pembacaan sambutannya, Ir. H. Ruhban Ruzziyanto, MT, menyampaikan pesan Menteri PUPR untuk seluruh insan PUPR, bahwa sebagai Insan PUPR untuk terus menjaga kepercayaan masyarakat dan kredibilitas institusi dengan terus meningkatkan semangat, militansi dan kerjasama dalam bekerja sesuai dengan Corporate Culture yang telah ditanamkan oleh para senior PUPR, yaitu Bekerja Keras, Bergerak Cepat, dan Bertindak Tepat, dalam satu team work yang solid dengan terus mengimplementasikan Nilai iProve yang meliputi Integritas, Profesional, berOrientasi pada Misi, Visioner, dan berEtika akhlakul karimah.
 
Pasca pelaksanaan Upacara, dilanjutkan dengan penyerahan 182 paket sembako kepada Purna Bakti PUPR sebagai tanda kasih dari para karyawan PUPR yang telah mengabdi dan sigap membangun negeri oleh Ikatan Pegawai Pensiun PU (IPPU).
 
 
 

Baca Juga :