Home Logo

PU-Net

29-09-2022


Pengumuman :

Peresmian Jembatan Gantung Tanggulun : Membangun Jembatan Sekaligus Peradaban Masyarakat Kabupaten Bandung Yang Semakin Baik



Jawa Barat, 06 Agustus 2022 09:13 Wib


Peresmian Jembatan Gantung Tanggulun : Membangun Jembatan Sekaligus Peradaban Masyarakat Kabupaten Bandung Yang Semakin Baik

Peresmian Jembatan Gantung Tanggulun : Membangun Jembatan Sekaligus Peradaban Masyarakat Kabupaten Bandung Yang Semakin Baik


Bandung, 6 Agustus 2022 - Pembangunan Jembatan Gantung Tanggulun oleh BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat melalui Satuan Kerja PJN Wilayah IV Provinsi Jawa Barat sebagai akses penghubung 2 (dua) Desa yaitu Desa Tanggulun di Kecamatan Ibun dan Desa Sukamaju di Kecamatan Majalaya yang terbentang diatas sungai Citarum, akhirnya rampung dan dapat dipergunakan oleh warga setelah diresmikan langsung oleh Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian didampingi oleh Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta - Jawa Barat Wilan Oktavian pada hari Jumat, 5 Agustus 2022.

“Kita sama-sama bersyukur bisa membangun jembatan gantung ini, tapi lebih dari membangun jembatan ini, sebenarnya kita membangun manusianya. Jembatan ini kita gunakan agar anak-anak kita bisa sekolah dengan lebih mudah dan nantinya dapat pendidikan tinggi untuk membangun Kabupaten Bandung yang lebih baik, Jawa Barat yang lebih baik dan Indonesia yang lebih baik”, ucap Hedy saat memberikan sambutan (5/8).

Hedy juga mengatakan bahwa pembangunan jembatan gantung ini merupakan contoh konkrit pelaksanaan Nawacita Presiden Jokowi serta program Menteri PUPR yang memberikan dukungan terhadap pertumbuhan sosial dan ekonomi masyarakat pedesaan, khususnya di Desa Tanggulun dan Desa Sukamaju.

“Saya tadi melihat anak-anak sudah menggunakan jembatan ini untuk menuju ke sekolah, terlihat jelas bahwa infrastruktur memiliki peran penting di banyak dimensi kehidupan, terkait itu, saya titip kepada Kepala Desa Tanggulun dan Sukamaju untuk mengajak warganya merawat serta menjaga jembatan ini” ujarnya.

Anggota Komisi V DPR RI Anang Susanto sangat mengapresiasi dan menyambut baik kehadiran Jembatan Gantung Tanggulun. Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan bahwa dengan adanya jembatan gantung tersebut akan memberikan dampak ekonomi yang cukup tinggi, yang pada akhirnya perekonomian warga di dua desa yakni Desa Tanggulun dan Desa Sukamaju secara keseluruhan akan meningkat.

“Warga sekitar mulai dari pekerja, pedagang, anak-anak sekolah dan lain-lain sangat membutuhkan adanya pembangunan jembatan ini karena akses ke lokasi yang mereka tuju biasa harus berputar dan berongkos, kini dengan adanya jembatan gantung bisa memangkas waktu juga mengurangi biaya perjalanan, dan ini menunjukkan kalau manfaat dari jembatan gantung benar-benar sangat dirasakan oleh masyarakat. Masyarakat disini sangat berterimakasih kepada pihak PUPR yang telah aktif merealisasikan pembangunan jembatan ini”, ungkap Anang.

Dengan telah terselesaikan dan diresmikannya Jembatan Gantung Tanggulun sebagai akses penghubung warga antar dua desa dan dua kecamatan di kabupaten Bandung tersebut, Kepala BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat Wilan Oktavian juga menyampaikan rasa bangganya terhadap jembatan gantung Tanggulun tersebut.

“Jembatan tersebut pastinya sangat bermanfaat bagi warga di Desa Tanggulun dan Desa Sukamaju, yang semula terpisahkan oleh sungai Citarum, dimana mereka yang semula harus memutar menggunakan rakit ataupun memutar dengan jarak yang lumayan cukup jauh, sekarang bisa lewat jembatan gantung ini dengan waktu yang lebih singkat dan juga sangat bermanfaat bagi anak-anak sekolah di Desa Tanggulun kecamatan Ibun yang banyak bersekolah di Desa Sukamaju”, ungkap Wilan.

Sebagai informasi bahwa Jembatan Gantung Tanggulun tersebut mulai dibangun pertengahan tahun 2020 dan selesai di awal tahun 2021 merupakan jembatan tipe asimetris dengan bentang panjang 60 meter, lebar 1,8 meter, menggunakan pondasi bore pile 10 meter, dengan panjang akses jalan penghubung sepanjang 100 meter di kedua sisi. Biaya pembangunan Jembatan Gantung Tanggulun tersebut sebesar 3.003.321.366 berasal dari ABPN.

Turut hadir pada peresmian tersebut, Direktur Pembangunan Jembatan Yudha Handita, Kepala Bidang Pembangunan Jalan Jembatan Agung Yudhianto, Kepala Bidang Preservasi I Soendiarto, Kepala Bidang Preservasi II Robert Himawan Hamiseno,  Kepala Satuan Kerja PJN Wilayah II Jawa Barat Alik Mustakim, Kepala Satuan Kerja PJN Wilayah IV Jawa Barat Dedy Hariadi, Kepala Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Provinsi Jawa Barat Aris Budianto Nugroho, PPK 2.5 PJN Wilayah II Provinsi Jawa Barat Ilham Khalifa dan PPK 4.4 PJN Wilayah IV Provinsi Jawa Barat Marnala R. Chandra
 
 

Baca Juga :