Home Logo

PU-Net

20-08-2022


Pengumuman :

Penggantian Lantai Jembatan Cimandiri Tahap 2 Sudah Mencapai 85 Persen



Jawa Barat, 22 Juni 2022 13:04 Wib


Penggantian Lantai Jembatan Cimandiri Tahap 2 Sudah Mencapai 85 Persen

Penggantian Lantai Jembatan Cimandiri Tahap 2 Sudah Mencapai 85 Persen


Bandung, 22 Juni 2022 - Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta – Jawa Barat melalui PPK 2.3 Wilayah Jawa Barat saat ini tengah menyelesaikan pekerjaan penggantian lantai jembatan sisi kiri arah Jampang Kulon yang rencananya dilaksanakan selama 2 bulan dan ditargetkan rampung open traffic pada tanggal 25 juli 2022, lebih cepat dari rencana kontrak awal penyelesaian di bulan Oktober 2022.

“Progres saat ini sudah mencapai 85.12% dengan pekerjaan yang tengah dilakukan saat ini adalah pekerjaan grouting dan ditargetkan pada minggu kedua Juli 2022 sudah open traffic, anggaran penggantian jembatan tersebut sebesar Rp. 4.8 milyar”, ungkap Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Jawa Barat Alik Mustakim (21/6).

Penggantian lantai Jembatan Cimandiri yang mempunyai total bentang panjang 120 meter di Kabupaten Sukabumi, tepatnya di perbatasan Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu dan Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan tersebut dilakukan setelah tahun 2021. Pada sisi kanan arah Bagbagan dibongkar juga pada bentang 1 sepanjang 60 meter karena konstruksi jembatan mengalami kerusakan dan hal ini dikhawatirkan mengancam keselamatan pengguna jalan sehingga secepatnya harus dilakukan perbaikan.

“Nantinya, dengan telah terselesaikannya pekerjaan penggantian lantai jembatan cimandiri, diharapkan bisa memperlancar arus kendaraan yang menghubungkan logistik dari dan menuju selatan Jawa Barat” kata Alik.

Selama pekerjaan penggantian lantai jembatan, dilaksanakan koordinasi dengan berbagai pihak termasuk pihak internal serta eksternal dan Satlantas, terdapat petugas K3, pemasangan rambu, rekayasa lalu lintas dengan skema buka tutup satu arah di jembatan lokasi jembatan Cimandiri yang diatur oleh petugas traffic dan flagman sehingga pengguna lalu lintas diharapkan bisa mematuhi arahan petugas.

Selain rekayasa lalu lintas akan diberlakukan pembatasan kendaraan selama pekerjaan penggantian lantai jembatan, hanya kendaraan dengan muatan sumbu maksimal 8 ton yang boleh melintasi jembatan Cimandiri.

Konstruksi Jembatan Cimandiri merupakan Jembatan Rangka Baja Transfield tahun 1992. Lantai kendaraan jembatan ini mengalami kerusakan, dengan tahapan pengerjaan bentang kesatu dikerjakan pada tahun anggaran 2021 dan bentang kedua pada tahun anggaran 2022. Penggantian lantai kendaraan menggunakan plat Double Tee (precast) untuk mempercepat pelaksanaan pekerjaan dari semula beton konvensional.
 
 

Baca Juga :