Home Logo

PU-Net

29-09-2022


Pengumuman :

Kompleksitas Teknis Proyek Pembangunan Tol Cisumdawu, Jadi Daya Tarik Program Magang Mahasiswa UGM



Jawa Barat, 29 Juli 2022 17:05 Wib


Kompleksitas Teknis Proyek Pembangunan Tol Cisumdawu, Jadi Daya Tarik Program Magang Mahasiswa UGM

Kompleksitas Teknis Proyek Pembangunan Tol Cisumdawu, Jadi Daya Tarik Program Magang Mahasiswa UGM


29 Juli 2022 - Kepala BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat Wilan Oktavian menerima kedatangan 12 (dua belas) Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan Universitas Gadjah Mada dalam rangka Program Magang yang akan berlangsung selama 30 (tiga puluh hari).

“Mudah-mudahan teman-teman bisa belajar di Balai sesuai dengan apa yang diharapkan kampus dan kita juga dapat ilmu dari mahasiswa seperti apa masukan untuk kita”, ucap Wilan saat memberikan sambutan kepada para mahasiswa (28/7).

BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat, memberikan kesempatan kepada mahasiswa peserta magang untuk terjun langsung di Proyek Pembangunan Jalan Bebas Hambatan Tol Cisumdawu sebagai lokasi yang dipilih untuk praktek magang.

“Karena tol Cisumdawu ini teknis pekerjaannya luar biasa dan sangat komplek, nah ini bisa jadi insight buat teman-teman kira-kira apa yang menjadi hambatannya dan seperti apa solusinya, kita juga harapannya dapat ilmu dari mahasiswa seperti apa masukan untuk kita”, lanjut Wilan.

Wilan juga menyampaikan bahwa selain mempelajari hal teknis di Proyek Pembangunan Jalan Bebas Hambatan Tol Cisumdawu sesuai dengan minat dan bakat, dirinya mengharapkan para mahasiswa belajar juga tentang alur dan proses bisnis dalam waktu yang singkat tersebut.

“Selain belajar teknis, teman-teman juga coba lihat alur dan proses bisnis, walau hanya satu bulan, ada salah satu yang dibandingkan antara SOP, Prosedur Kerja, dengan yang dilapangan baik itu proses pemadatan, pengeboran, ada salah satu yang dapat gambaran dan dipahami dalam waktu singkat  ini”, tutup Wilan
.
Terkait Proyek Pembangunan Jalan Bebas Hambatan Tol Cisumdawu yang dipilih sebagai lokasi Magang, Kepala Bidang Pembangunan Agung Yudhianto memberikan alasan, bahwa Tol Cisumdawu ini merupakan proyek strategis nasional yang dimana juga menjadi salah satu proyek kebanggaan di provinsi jawa barat nanti dan ini bisa menjadi tempat belajar teman-teman mahasiswa, karena proyek cisumdawu ini sangat kompleks pekerjaannya yang mungkin jarang ditemukan proyek seperti ini di provinsi lain dan ini merupakan kesempatan langka.

“Saya harap temen-teman menggunakan kesempatan ini sebaik mungkin untuk belajar sesuai dengan minat masing-masing. Mulai dari teknis pekerjaan dan juga organisasi proyek, juga membuat lesson learn, apa yang teman-teman kerjakan di kegiatan kerja praktek magang serta apa yang dapat diambil menjadi pelajaran”, tutur Agung.

Tak lupa diakhir sambutannya, Agung juga menghimbau kepada para mahasiswa jika nanti sudah aktif berkegiatan di lapangan untuk tetap memperhatikan prosedur Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3).

“Rekan-rekan juga diharapkan menjaga protokol kesehatan, dan juga safety dipergunakan selama berada di lapangan harap gunakan (helm, safety shoes, rompi) saya harap tolong digunakan”. pungkasnya.

Saat ini pekerjaan konstruksi di Tol Cisumdawu Phase 2 yang sedang berjalan adalah penanganan longsoran. Kegiatan ini adalah salah satu pekerjaan yang diberikan kepada mahasiswa sebagai contoh nyata. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan Cisumdawu Yuanita Kiki Sani.

“Kami sampaikan bahwa untuk di lokasi kami Cisumdawu, penanganan yang masih berjalan konstruksi di phase 2, dan ketika teman-teman mahasiswa datang ke kami dua minggu yang lalu sudah kami berikan arahan di lapangan dan kami juga sudah menanyakan passion mereka itu apa. Kami menanyakan passion terlebih karena di lapangan kami ada juga mentor dan kami bagi beberapa kelompok sesuai dengan passionnya. Jadi kebetulan empat mahasiswa yang ditempatkan di Cisumdawu phase 2 ini mereka kami bagi dua untuk pekerjaan flexible pavement sama untuk penanganan longsor”. ungkap Kiki.

Pada akhir sambutannya, Kiki sangat mendukung pelaksanaan program Magang Mahasiswa dari UGM. Menurutnya, dengan adanya program tersebut merupakan salah satu bentuk langkah kaderisasi.

“Kami support banget teman-teman karena ini adalah kaderisasi yang sangat baik”, tutup Kiki.

Turut hadir pada acara tersebut, Kepala Bagian Umum dan Tata Usaha Budi Faizal dan Tim PT. CKJT (Citra Karya Jabar Tol) selaku Badan Usaha pelaksana Proyek Tol Cisumdawu.
 

Baca Juga :