Home Logo

PU-Net

31-01-2023             SARAN & PENGADUAN

Pengumuman :

Jalur Selatan Jawa Barat Siap dilintasi Masyarakat untuk Perayaan NATARU



Jawa Barat, 10 November 2022 09:12 Wib


Jalur Selatan Jawa Barat Siap dilintasi Masyarakat untuk Perayaan NATARU

Jalur Selatan Jawa Barat Siap dilintasi Masyarakat untuk Perayaan NATARU


Bandung, 10 November 2022 – Pasca dilakukan kegiatan terpadu Monitoring dan Evaluasi Serta Koordinasi kesiapan NATARU dengan meninjau langsung jalur Arteri dan Tol Pantai Utara (PANTURA) Jawa Barat pada hari Selasa (1/11) lalu, Direktorat Jenderal Bina Marga melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat kembali melanjutkan hal serupa, dimana kali ini jalur NATARU yang ditinjau adalah Jalur Selatan Jawa Barat.
 
Kepala Bidang Preservasi II BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat, Robert Himawan Hamiseno menyampaikan bahwa saat ini Pihak BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat berkolaborasi dengan pihak Kepolisian utamanya dengan para Kepala Satuan Lalu Lintas, Dinas Perhubungan Kota dan Kabupaten yang mempunyai kewenangan hukum di Jalur Selatan Jawa Barat bersama-bersama memonitoring, mengevaluasi dan berkoordinasi mempersiapkan jalur NATARU tersebut.
 
Menurut Robert, berdasarkan hasil tinjauan lapangan, semua jalur selatan saat ini sudah siap dilintasi para pengguna jalan yang akan liburan, kendati masih ada beberapa kendala, diantaranya beberapa titik ruas jalan yang saat ini sedang masa perbaikan pasca rusak, namun butuh waktu panjang, sehingga sedikit mengganggu.
 
“Kami akan tetap upayakan perbaikan semua jalan sebelum H-7 pada libur Natal dan Tahun Baru sudah bisa selesai. Namun mohon maaf apabila pada pelaksanaan pengerjaan melewati waktu tersebut, tapi proyek pekerjaan akan segera ditunda sementara agar tidak mengganggu pengguna jalan," ujar Robert (10/11).
 
Terkait pekerjaan penanganan longsoran di Jalan Cireki, Kecamatan Tomo, Robert  juga menyampaikan bahwa saat ini Jalur Bandung – Cirebon lintasan Sumedang sudah siap dilintasi, terutama Jalur Cireki Tomo KM 68+650, dimana pekerjaannya  sudah mencapai 99 persen sehingga pada saat libur NATARU diprediksi dapat digunakan.
 
Robert juga memprediksi event NATARU tahun ini, dimana tempat-tempat wisata di Selatan  Jawa Barat akan menjadi tujuan utama masyarakat untuk liburan. Oleh karena itu, dirinya mengingatkan kembali bagi masyarakat yang akan menuju objek-objek wisata di Selatan Jawa Barat khususnya Pantai Pangandaran agar selalu berhati-hati, karena melihat kondisi cuaca saat ini yang sedang musim hujan, dikhawatirkan akan sedikit mengganggu perjalanan bilamana terjadi peristiwa longsor.
 
"Kami imbau untuk masyarakat yang mau menuju objek wisata Pantai Pangandaran diharapkan agar bisa melintasi jalur selatan saja, yaitu dari Tasikmalaya lintasan Cipatujah, Cimerak, Pangandaran, karena untuk jalur Kecamatan Kalipucang Km 193 masih dalam perbaikan, sehingga jalan menyempit," imbuhnya.
 
Turut hadir pada acara tersebut Kepala Subdirektorat Preservasi Wilayah I C, Direktorat Jenderal Bina Marga Stanley Cicero Haggard Tuapattinaja, Perwakilan Pihak Kepolisian wilayah hukum Kota dan Kabupaten Jawa Barat, Perwakilan Dinas Perhubungan Kota dan Kabupaten Jawa Barat, Para PPK Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II dan III Jawa Barat.
 
 
 
 

Baca Juga :