Home Logo

PU-Net

29-06-2022


Pengumuman :

Fly Over Kopo : Progress Melejit, Semakin Cantik dengan Balutan Ornament Unik Khas Jawa Barat



Jawa Barat, 13 Mei 2022 11:50 Wib


Fly Over Kopo : Progress Melejit, Semakin Cantik dengan Balutan Ornament Unik Khas Jawa Barat

Fly Over Kopo juga akan dipercantik dengan beberapa ornamen yaitu Maung Bandung, Kujang (senjata tradisional khas Jawa Barat), dan corak batik mega mendung


Bandung, 13 Mei 2022 - Pembangunan Fly Over Kopo yang membentang sepanjang 1,3 km di Jalan Soekarno-Hatta kini progres pekerjaannya sudah mencapai 93 % (persen) dengan sisa agenda pekerjaan yang akan dilakukan minggu ini adalah Rigid Frontage, Strip Seal EJ, Aspal Oprit, Pipa Drainase, Kerb / Kansteen, Bak Kontrol Drainase, Cross Drain P19 sisi utara, U Ditch, Cor Median Pierhead, Grill Catch Basin dan Ornamen.
 
Berdasarkan informasi dari PPK 4.5 PJN Wilayah IV Jawa Barat, Heri Wahyu Wibowo bahwa Fly Over Kopo yang tengah dikebut pekerjaanya oleh BBPJN DKI Jakarta – Jawa Barat melalui PPK 4.5 PJN Wilayah IV Jawa Barat ini diharapkan nantinya dapat mengurai kemacetan yang kerap terjadi di persimpangan Kopo dan persimpangan Cibaduyut dan ditargetkan fungsional pada bulan Juni 2022.
 
Konstruksi FO Kopo dimulai pada November 2020 dengan nilai kontrak Rp. 288,76 miliar yang dananya berasal dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Flyover ini memiliki panjang 1,3 km dan lebar 18 meter yang terdiri dari 4 lajur dan 2 jalur.

Selain progresnya yang sudah 93%, Fly Over Kopo juga akan dipercantik dengan beberapa ornamen yaitu Maung Bandung, Kujang (senjata tradisional khas Jawa Barat), dan corak batik mega mendung yang berkolaborasi dengan budayawan lokal, serta akan lebih menakjubkan lagi dengan pencahayaan lampu sorot warna-warni.

“Untuk beautifikasi, desainnya kita sudah ada. Untuk realisasinya, masih kita proses. Lokasi ornamennya mungkin di Oprit dan Parapet, serta bertema kearifan lokal. Nanti simultan kita kerjakan sambil finishing FO,” ujar Heri.
 

Baca Juga :