Home Logo

PU-Net

01-12-2022             SARAN & PENGADUAN

Pengumuman :

BBPJN DKI Jakarta - Jawa Barat Upayakan Seksi 2 Tol Cisumdawu Selesai dan Beroperasi saat Libur Nataru 2022



Jawa Barat, 23 September 2022 11:26 Wib


BBPJN DKI Jakarta - Jawa Barat Upayakan Seksi 2 Tol Cisumdawu Selesai dan Beroperasi saat Libur Nataru 2022

BBPJN DKI Jakarta - Jawa Barat Upayakan Seksi 2 Tol Cisumdawu Selesai dan Beroperasi saat Libur Nataru 2022


Bandung, 23 September 2022 - Kepala BBPJN DKI Jakarta - Jawa Barat Wilan Oktavian mendampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada kegiatan kunjungan kerja ke proyek pembangunan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (CISUMDAWU) pada hari Kamis (22/09/2022), dalam rangka mendorong percepatan penyelesaian pembangunan Jalan Tol CISUMDAWU sepanjang 62 Km yang merupakan salah satu dukungan efektivitas operasional menuju Bandara Kertajati, Pelabuhan Patimban dan juga pengembangan ekonomi kawasan Pantura Jawa Barat  mulai dari Cirebon, Indramayu, Majalengka hingga Kuningan (Ciayumajakuning) Jawa Barat.

Berdasarkan hasil kunjungan sekaligus peninjauannya, Menteri Basuki menyampaikan bahwa Jalan Tol CISUMDAWU Seksi 1 hingga Seksi 4 akan diupayakan selesai dan diharapkan dapat dioperasikan saat libur Natal dan Tahun Baru 2022.

"Terus semangat untuk menyelesaikan main road pada semua Seksi 2, 3 dan 4. Kita upayakan Insyaa Allah bisa selesai dan dioperasikan selambatnya Desember 2022. Ini harus diupayakan sekuat tenaga," kata Menteri Basuki (22/9).

Menteri Basuki juga menginstruksikan penambahan parking bay pada titik-titik yang memiliki pemandangan bagus agar masyarakat dapat menikmati pemandangan sekitar Gunung Tampomas.

Sebelumnya, saat pelaksanaan mudik lebaran tahun 2022 lalu, seksi 2 tersebut difungsionalkan sebagai jalur alternatif untuk mengurai kemacetan pada arteri Bandung - Cirebon, dimana sebelum dilakukan hal tersebut terlebih dahulu dilaksanakanberbagai upaya agar jalan tol bisa dilalui para pemudik dengan aman dan nyaman serta telah berkoordinasi dengan berbagai pihak.

“Penggunaan Jalan Tol Cisumdawu Seksi 2 kemarin atas diskresi dari Kepolisian Resor Sumedang. Kami juga melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan. Jadi, setiap hari sebelum jam operasional dibuka (08.00 WIB), sebelumnya kami  berkeliling dengan Kepolisian dan Dishub untuk monitoring kondisi jalan.  Alhamdulillah testimonial dari pemudik semua positif. Dengan adanya tol ini bisa memangkas waktu tempuh, kalau melewati Cadas Pangeran pasti macet,” jelas Kepala Satuan Kerja PJBH Cisumdawu, Kiki Yuanita Sani.

Sebagai informasi, Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi sekitar Rp 5,5 triliun. Dari keenam seksi tersebut, Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari Viability Gap Fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Sementara Seksi 3 sampai Seksi 6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol PT. Citra Karya Jabar Tol (CKJT).
Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 km telah beroperasi sejak Januari 2022 dan Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 km progres fisik sudah mencapai 94,7 %, tinggal menyelesaikan pekerjaan lereng dan lansekap.

Seksi 3 sampai Seksi 6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sepanjang 33,21 km. Seksi 3 Sumedang – Cimalaka sepanjang 4,05 km konstruksinya telah rampung 100%. Pembangunan Seksi 4 Cimalaka - Legok sepanjang 8,20 km konstruksinya untuk Seksi 4A sebesar 87,93% dan Seksi 4B sebesar 58%.

Seksi 5 Legok - Ujungjaya sepanjang 14,9 km progres konstruksinya untuk 5A sebesar 60,9% dan 5B sebesar 63%. Sedangkan seksi 6 Ujung Jaya - Dawuan untuk 6A telah tercapai sebesar 98,2% dan untuk 6B sudah 100% progres fisiknya.

Turut mendampingi Menteri Basuki, ikut hadir dalam acara tersebut Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Kepala Bidang Pembangunan Jalan Jembatan BBPJN DKI Jakarta - Jawa Barat Agung Yudhianto.
 
 

Baca Juga :