TUGAS DAN FUNGSI

A. TATA USAHA

SUB BAGIAN TATA USAHA

Sub Bagian Tata Usaha mempunyai tugas memberikan pelayanan teknis dan administratif kepada semua unsur di Balai Pelaksanaan Jalan Nasional dan koordinasi dengan instansi terkait.

Sub Bagian Tata Usaha menyelenggarakan fungsi:

  • pelaksanaan urusan pengelolaan data dan administrasi kepegawaian, serta pengelolaan organisasi, dan tata laksana;
  • pelaksanaan pengendalian penyusunan perjanjian/ kontrak serta pemberian advokasi hukum;
  • penyelenggaraan pelayanan dan komunikasi publik Pada Balai;
  • pelaksanaan pengelolaan anggaran, urusan kas dan perbendaharaan, serta administrasi dan akuntansi keuangan;
  • pelaksanaan fungsi unit Sistem Pengendalian Intern Pemerintah di Balai dan tindak lanjut hasil pemeriksaan;
  • pelaksanaan penatausahaan, pengelolaan, administrasi dan akuntansi barang milik negara dan pengamanan fisik dan proses sertifikasi tanah dan barang milik negara serta pengelolaan, administrasi dan akuntansi barang milik negara pasca konstruksi;
  • pengelolaan dan penetapan leger jalan nasional;
  • penyusunan laporan berkala Balai Besar dan pelaksanaan koordinasi dengan instansi terkait;
  • pelaksanaan fungsi unit penjamin mutu Balai;
  • pelaksanaan administrasi perizinan bidang jalan dan jembatan; dan
  • pelaksanaan urusan tata usaha, kearsipan, dan rumah tangga Balai.

Susunan organisasi Sub Bagian Tata Usaha, terdiri atas:

  • Urusan Kepegawaian, Hukum, dan Komunikasi Publik
  • Urusan Kepegawaian, Hukum, dan Komunikasi Publik mempunyai tugas melakukan urusan pengelolaan data, administrasi kepegawaian, serta pengelolaan organisasi dan tata laksana, penyiapan pelaksanaan pengendalian penyusunan perjanjian/ kontrak dan pemberian advokasi hukum, pelayanan dan komunikasi publik di Balai, koordinasi dengan instansi terkait, serta dokumentasi penyelenggaraan jalan.
  • Urusan Keuangan dan Umum
  • Urusan Keuangan dan Umum, mempunyai tugas melakukan pengelolaan anggaran, urusan kas dan perbendaharaan, serta administrasi dan akuntansi keuangan, pelaksanaan administrasi tindak lanjut hasil pemeriksanaan,pelaksanaan fungsi unit Sistem
  • Pengendalian Intern di Balai, penyiapan bahan penyusunan laporan berkala serta urusan tata usaha, kearsipan dan rumah tangga Balai.
  • Urusan Pengelolaan Barang Milik Negara
  • Urusan Pengelolaan Barang Milik Negara, mempunyai tugas melakukan pelaksanaan penatausahaan, pengelolaan, administrasi dan akuntansi barang milik negara, serta pengamanan fisik dan proses sertifikasi tanah dan barang milik negara serta pengeloaan administrasi dan akuntansi barang milik negara pasca konstruksi, pengelolaan dan penetapan leger jalan nasional.

 

B. Seksi Pembangunan dan Pengujian

Seksi Pembangunan dan Pengujian mempunyai tugas melaksanakan pengendalian dan pengawasan konstruksi pelaksanaan pembangunan jalan dan Jembatan termasuk jalan bebas hambatan dan jalan tol, penyesuaian kontrak pekerjaan konstruksi jalan dan jembatan, pengujian mutu konstruksi, melaksanakan penerapan sistem manajemen mutu, sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja dan lingkungan (SMK3L), melaksanakan audit keselamatan jalan dan jembatan serta sebagai fungsi unit penjamin mutu Balai.

Seksi Pembangunan dan Pengujian menyelenggarakan fungsi:

  • penyiapan rencana kerja pengendalian konstruksi pelaksanaan pembangunan jaringan jalan dan jembatan termasuk jalan bebas hambatan dan jalan tol;
  • pelaksanaan pengadaan barang dan jasa; pengendalian dan pelaksanaan analisis harga satuan pekerjaan jalan dan jembatan;
  • pengendalian dan pelaksanaan administrasi teknik /kontrak, serta penyesuaian kontrak/justifikasi /pertimbangan teknik pekerjaan konstruksi pembangunan jalan dan jembatan;
  • pelaksanaan program kelaikan jalan dan jembatan nasional dan audit keselamatan jalan dan jembatan penerapan hasil pengembangan teknologi bahan dan peralatan jalan dan jembatan;
  • penyiapan program pengadaan tanah jalan nasional; pelaksanaan sosialisasi dan pengadaan tanah jalan nasional di luar jalan tol;
  • pelaksanaan Inventarisasi kebutuhan pengadaan tanah untuk jalan nasional;
  • penerapan sistem manajemen mutu, Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (SMK3L) bidang jalan dan jembatan dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi dan non-konstruksi;
  • pelaksanaan dan pemantauan pengujian peralatan, bahan dan hasil pekerjaan konstruksi serta evaluasi terhadap hasil pengujian;
  • penerapan rencana mutu unit kerja, rencana mutu pelaksanaan kegiatan dan mutu kontrak; dan
  • pelaksanaan audit internal sistem manajemen mutu, Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (SMK3L) bidang jalan dan jembatan dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi dan non-konstruksi.

 

C. Perencanaan dan Pemantauan

Seksi Perencanaan dan Pemantauan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan data dan informasi sebagai bahan penyusunan program pembangunan dan preservasi jaringan jalan, perencanaan teknis jalan dan jembatan nasional dan penyiapan, penyusunan rencana, serta dokumen pengadaan barang dan jasa, pengawasan dan pengendalian konstruksi pelaksanaan pembangunan dan preservasi jalan termasuk jalan bebas hambatan dan jalan tol serta pemantauan dan evaluasi penerapan standar pelayanan minimal jalan.

Seksi Perencanaan dan Pemantauan menyelenggarakan fungsi:

  • penyiapan, pelaksanaan, dan pengolahan data dan informasi sebagai bahan penyusunan program pembangunan dan preservasi penangangan jalan dan jembatan nasional;
  • penyusunan rencana dan program pembangunan dan preservasi jalan dan jembatan serta penyusunan anggaran tahunan;
  • pelaksanaan studi kelayakan, survei, investigasi dan rencana teknis/desain pembangunan dan preservasi pengembangan jaringan jalan dan jembatan;
  • penyiapan rencana dan dokumen pengadaan pembangunan dan preservasi jalan dan jembatan;
  • pengendalian pelaksanaan pengadaan barang dan jasa;
  • penyiapan rencana kerja pengendalian konstruksi pelaksanaan pembangunan dan preservasi jalan termasuk jalan bebas hambatan dan jalan tol;
  • pelaksanaan evaluasi kinerja penyedia jasa;
  • pengendalian dan pengawasan pelaksanaan konstruksi pembangunan dan preservasi jalan nasional termasuk jalan bebas hambatan dan jalan tol serta penyesuaian kontrak pelaksanaan konstruksi;
  • pelaksanaan analisis mengenai dampak lingkungan dan lalu lintas;
  • pemantauan dan evaluasi penerapan standar pelayanan minimal jalan; dan
  • penyusunan laporan akuntabilitas kinerja Balai.

 

D. Seksi Preservasi dan Peralatan

Seksi Preservasi dan Peralatan mempunyai tugas melaksanakan pengendalian dan pengawasan pelaksanaan preservasi jalan dan jembatan serta penyesuaian kontrak pekerjaan preservasi jalan dan jembatan serta melaksanakan pengadaan, penyediaan, pemanfaatan, penyimpanan dan pemeliharaan bahan dan peralatan jalan dan jembatan.

  • Seksi Preservasi dan Peralatan  menyelenggarakan fungsi: penyiapan rencana kerja pengendalian pelaksanaan preservasi jalan dan jembatan;
  • pengendalian dan pelaksanaan analisis harga satuan pekerjaan jalan dan jembatan;
  • pengendalian fungsi dan pemanfaatan bagian-bagian jalan;
  • pengendalian pelaksanaan penilikan jalan dan jembatan;
  • pelaksanaan analisis kawasan rawan bencana dan pengendalian pelaksanaan penanggulangan bencana yang berdampak terhadap jalan;
  • pengendalian dan pelaksanaan administrasi teknik/ kontrak, serta penyesuaian kontrak/justifikasi/ pertimbangan teknik pekerjaan preservasi jalan dan jembatan;
  • penyusunan rencana mutu unit kerja dan rencana mutu pelaksanaan kegiatan;
  • pengadaan, penyediaan, penyimpanan, penyaluran dan pemeliharaan peralatan termasuk suku cadang;
  • pengadaan, penyediaan, pemanfaatan, penyimpanan, pemeliharaan dan pelayanan bahan dan peralatan jalan dan jembatan;
  • pengelolaan, pemantauan, dan evaluasi pemanfaatan peralatan bahan jalan dan jembatan; dan pelaksanaan sertifikasi Asphalt Mixing Plant (AMP).

 

BERITA LAIN


Pengambilan Sumpah Pegawai Negeri Sipil Formasi 2017

Kamis, 20 Juni 2019

BPJN IV Jambi

Pengambilan Sumpah Pegawai Negeri Sipil formasi 2017 di lingkungan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional IV Jambi berlangsung dengan tertib dan khidmat, kegiatan ini di mulai pada pukul 13.00 WIB yang dilaksanakan di ruang kantor BPJN IV..

Sebanyak 8 ( delapan ) orang Pegawai Negeri Sipil telah melaksanakan sumpah nya di hadapan Kepala Balai, Kasi, Staff dan para tamu undangan yang hadir untuk menyaksikan proses jalan nya sumpah PNS, dan di sumpah langsung oleh Rohaniwan.

Berikut nama-nama PNS yang telah diambil sumpahnya :

. At-thur Rachmawan, S.T (198906112018021001)

. Ditha Daniaty, S.T (199402022018022002)

. Mochammad Yusuf Hilman, S.ST (199512252018021002)

. Taufiq Wildan Arrifian, S.T (199506132018021002)

. Yessie Julinanda, S.T (199407172018022001)

. Fikri Hadimas, A.Md (199508232018021003)

. Iswatul Mualimah, A.Md (199604112018022001)

. Muhamad Dimas Arisandi, A.Md (199509192018021002)

Kepala BPJN IV Jambi Ir. Budi Harimawan Semihardjo M.Eng, Sc. dalam kata sambutan nya "mengharapkan adanya integritas bisa secara konsisten, supaya harus bisa di pertanggung jawabkan, kemudian bekerja secara profesional dengan kemampuannya, orientasi visi dan misi, mempunya sifat visioner, maju dan semangat, ber etikad serta berakhlak".

 

 

Selengkapnya ...