Follow Me

Follow Me

Who's Online 

We have 67 guests and no members online

 

BANYUASIN (BINA MARGA) - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menginstruksikan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk menggunakan aspal (dicampur) karet diperluas.

 

Menurut informasi harga komoditi karet nasional sedang turun bahkan sempat menyentuh Rp. 5000 per kilogram. Berbagai langkah sudah dilakukan pemerintah diantaranya negoisasi dengan Malaysia dan Thailand yang merupakan penghasil karet terbesar selain Indonesia.

 

"Ekonomi dunia belum normal tapi khusus untuk karet kita sudah berupaya. Produsen (karet) terbesar dunia Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Kita sudah diskusi dengan Malaysia dan Thailand sehingga dua minggu lalu harga karet sudah mulai naik," ujar presiden.

 

Lalu di dalam negeri, presiden menginginkan penggunaan karet untuk campuran aspal dalam pekerjaan infrastruktur  ke-Bina Marga-an sebagai langkah menyerap komoditi karet domestik. Hal tersebut disampaikan Presiden dihadapan ratusan petani karet di Pusat Penelitian Karet, Kec. Sembawa (9/03), Kab. Banyuasin, Sumatera Selatan.

 

Dalam Kesempatan yang sama Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V, KGS Saeful Anwar, mengatakan bahwa sejak 2018, di Sumsel telah diuji-cobakan aspal karet di ruas Muara Beliti-Tebing Tinggi-Bts. Kota Lahat,Sumatera Selatan sepanjang 4.37 km dari total panjang ruas 183 km. 

 

"Ruas itu lintas tengah provinsi Sumsel dan dipilih sebagai lokasi uji coba aspal karet karena intensitas lalu lintas yang lebih rendah daripada jalur utama lainnnya," jelasnya. 

 

Saeful mengatakan setelah setahun, pihaknya menilai aspal karet memiliki beberapa keunggulan, yaitu meningkatkan campuran aspal, ketahanan retak, dan ketahanan terhadap deformasi alur.

 

Menurut data yang dihimpun Bina Marga, tahun ini sepanjang 65,79 Km Jalan Nasional akan menggunakan perkerasan aspal karet dengan total kebutuhan 2542,20 ton untuk aspal, 177, 95 ton karet, dan 355,91 bahan olahan karet rakyat (Bokar). penerapan aspal karet tersebut akan dilakukan di Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

 

Harus diakui bahwa pemanfaatan karet untuk campuran aspal masih sedikit dan masih tahap uji coba. Maka presiden menginginkan jalan daerah juga menggunakan aspal karet. "Saya perintahkan seluruh (jalan) kabupaten dan provinsi di Indonesia pakai aspal karet," ujar Jokowi yang disertai sorak sorai para petani karet.

Namun Presiden belum bisa memastikan kebutuhan karet yang diperlukan jika diterapkan di seluruh kelas jalan di Indonesia. "Nanti dihitung menteri PUPR," jelasnya. (Ian)

You are Here

Template Settings
Select color sample for all parameters
Red Green Blue Gray
Background Color
Text Color
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Scroll to top