Follow Me

Follow Me

Who's Online 

We have 27 guests and no members online

Jayapura - Jembatan holtekamp sebagai salah satu jembatan terpanjang di Indonesia bagian timur dan landmark papua terus di percepat pengerjaan nya. Dimana bentang tengah jembatan tersebut telah selesai dikerjakan dan saat ini proses pengerjaan jembatan pendekat dan jalan akses menuju jembatan.

Pada hari jum’at tanggal 9 november jembatan holtekamp dilakukan uji layak fungsi jembatan dengan uji pembebanan. Tim Komunikasi publik Ditjen bina marga mewawancarai pejabat pembuat komitmen jembatan Holtekamp Irfan Hidayat terkait proses uji pembebanan dan progress jembatan holtekamp itu sendiri.

Pada saat wawancara irfan menjelaskan bahwa di setiap jembatan khusus yang memiliki pelengkung melebihi 50 Meter, ada namanya uji layak di mana salah satunya uji pembebanan. Uji beban pada jembatan holtekamp memakai 60% kekuatan jembatan. Uji pembebanan tersebut menggunakan 160 truk dengan beban masing-masing truk nya sebesar 10 ton. Dimana hasil uji layak tersebut akan di berikan kepada Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan yang nantinya di usulkan kepada Menteri untuk di terbitkan surat uji layak jembatan.

Jembatan holtekamp ini juga di lengkapi gandola pada bagian bawah jembatan. Dimana gandola ini berfungsi untuk memonitor keadaan bagian bawah jembatan, terang irfan.  Salah satunya untuk mengetahui keadaan baut-baut bawah jembatan tersebut. Hal ini sama seperti bagian bawah jembatan suramadu, akan tetapi gandola di jembatan holtekamp ini di pasang secara permanen. Nanti nya juga akan di pasang mobil inspeksi di bagian atas jembatan.

 

Untuk pekerjaan pada bagian bentang tengah jembatan tersebut sudah selesai tinggal bagian jembatan pendekat dimana paket pekerjaan tersebut sebagian di kerjakan oleh pemerintah provinsi menggunakan dana APBD. Sedangkan akses jalan di bagian holtekamp di kerjakan oleh pemerintah provinsi dan jalan pendekat hamadi di kerjakan oleh pemerintah kota.

Jembatan holtekamp ini sendiri ditargetkan akan rampung di akhir bulan desember 2018 akan tetapi setelah hasil revisi dan agar peresmian nya sekaligus keseluruhan jembatan di harapkan akan di fugsionalkan di awal maret 2019. Hal tersebut di karenakan pada saat peresmian secara keseluruhan jembatan telah selesai termasuk bagian art lighting pada jembatan tersebut. (KompuBM)

You are Here

Template Settings
Select color sample for all parameters
Red Green Blue Gray
Background Color
Text Color
Google Font
Body Font-size
Body Font-family
Scroll to top